Budayakan hidup sehat, Club Rotary Surabaja Selatan berikan bantuan tempat cuci tangan

Jum'at, 31 Maret 2017 | 14:09 WIB ET
(KB/Purna Budi N)
(KB/Purna Budi N)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Komitmen Club Rotary Surabaja Selatan untuk membentuk masyarakat sehat terus digelorakan. Setelah sukses melaksanakan penyuluhan gosok gigi yang benar di Sekolah Dasar Negeri Kedinding Surabaya akhir tahun lalu, kali ini Club yang berorientasikan pada gerakan sosial tersebut memilih untuk memberikan bantuan tempat cuci tangan.

Bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Club Rotary Surabaja Selatan telah menyerahkan bantuan pembangunan tempat cuci tangan kepada Sekolah Dasar Gading I jalan Kenjeran Surabaya.

President Club Rotary Surabaja Selatan Erni Soepai mengatakan bahwa Club Rotary Surabaja Selatan senantiasa membantu masyarakat yang membutuhkan. Dan bantuan tempat cuci tangan ini sebagai bagian dari kegiatan Club Rotary Surabaja Selatan dalam bidang kesehatan.

"Kami memilih memberikan bantuan sarana cuci tangan agar para siswa mengerti dan terbiasa melaksanakan cuci tangan. Karena dari kebiasaan itu akan muncul perilaku hidup sehat. Selain itu, fasilitas ini juga bisa digunakan sebagai sarana berwudu jika akan melaksanaman shalat," ujar Erni Soepai usai menyerahkan bantuan di SDN Gading I Surabaya, Jumat (31/3/2017).

Nantinya, Club Rotary Surabaja Selatan akan melakukan evaluasi selama empat bulan. Jika bantuan ini bermanfaat dan bisa berdampak positif pada terbentuknya pola hidup sehat anak didik di SDN Gading I Surabaya, maka Club Roraty Surabaja Selatan akan mengagendakan pemberian bantuan yang sama untuk Sekolah Dasar lainnya.

"Kami evaluasi dulu selama empat bulan. Kami lihat kegunaan dan manfaatnya serta peningkatan pemahaman tentang kesehatan. Kalau kita punya dana lagi, akan kami buat untuk sekolah lainnya," tambah Erni.

Sementara itu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kota Surabaya, Yohana Susi mengapresiasi atas bantuan yang berikan Club Rotary Surabaja Selatan. Karena cuci tangan yang baik menjadi indikator perilaku hidup sehat. Dan prilaku cuci tangan dengan benar ini akan menjadikan anak terbiasa hidup sehat. Apalagi di setiap wastafel ditempel tatacara dan langkah-langkah cuci tangan yang benar.

"Saya juga berharap, dari pihak sekolahan membiasakan anak untuk sarapan sehat sebelum jam 09.00 pagi. Ini untuk meningkatkan kosentrasi dan daya tahan tubuh. Mereka juga terbiasa tidak ngemil. Untuk itu kantin sekolah harus dilibatkan agar menyediakan jajanan sehat bagi anak" terang Yohana.

Terlebih Presiden Joko Widodo telah mengeluarkan Inpres tentang gerakan masyarakat hidup sehat dengan mengonsumsi sayur san buah, berolahraga dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara berkala.kbc6

Bagikan artikel ini: