Tinggi, permintaan rumah premium di Sidoarjo

Selasa, 4 April 2017 | 20:13 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Pengembang properti tak lagi terpaku pada kota besar saja dalam mengembangkan proyek perumahan segmen menengah atas alias premium. Pasalnya, produk ini kini mulai merambah kota-kota kedua, seiring dengan meningkatnya kelas menengah di masyarakat.

Pengembang perumahan CitraGarden di Sidoarjo misalnya. Proyek yang dikembangkan kelompok usaha Ciputra ini sudah memposisikan diri sebagai perumahan premium dengan harga miliaran rupiah per unit.

General Manager CitraGarden Sidoarjo, Vica Yustisiana Wirastuti mengatakan, meski pasar segmen premium di Sidoarjo tidak sebesar Surabaya, namun potensi pasarnya ada dan terus mengalami pertumbuhan. Terbukti, beberapa tipe premium yang ia pasarkan selama ini juga mampu diserap pasar.

"Dan menariknya, sebagian besar konsumennya adalah warga Sidoarjo. Bukan para pendatang atau warga Surabaya yang ingin memiliki rumah kedua, dan sebagainya. Bisa dikatakan lebih dari 50 persen pembeli kita adalah warga Sidoarjo," kata Vica di CitraGarden Sidoarjo, Selasa (4/4/2017).

Diakuinya, diminatinya rumah premium di CitraGarden, selain luasannya yang berlebih dibandingkan dengan rumah landed di Surabaya dengan harga yang sama, nama besar pengembang, fasilitas yang tersedia, juga yang terpenting adalah keamanan, kenyamanan dan estate management yang dikelola.

Dengan kenyataan seperti itu pula, pihaknya sangat antusias setiap mengeluarkan tipe atau cluster baru, bahwa produk yang dikembangkan akan laris manis.

"Seperti yang saat ini kita luncurkan, yakni tipe Bernina dan Grand Bernina, yang merupakan rumah dua lantai yang berada di jalan utama di pengembangan cluster kita berikutnya. Luasannya adalah LT/LB 200/245 dan 260/245, harganya di atas Rp 3 miliar. Dari total 8 unit dan prelaunch akhir Februari lalu, saat ini sudah terjual 4 unit, sehingga sisa 4 unit," ulas Vica.

Ditambahkannya, di cluster GreenHill, selain dari sisi tipe rumah untuk memperkuat segmentasi premium, pengembang CitraGarden juga mengusung konsep smart home and green yang memenuhi standar Millenium 3P connestion. Selain juga one gate system by ID Card, hutan kota, playgroun children, pedetrian riverside, running and cycling line, hingga rendezvous community.

"Meski sebagian besar pembeli adalah end user, namun nilai investasi tetap menjanjikan di sini, karena harga rumah dan tanah di kawasan kita terus mengalami peningkatan signifikan. Beberapa rumah di sini yang dibeli dua tahun lalu, sekarang harganya sudah naik 50%. Jadi ini kesempatan yang bagus bagi yang akan membeli rumah di CitraGarden," ujar Vica.

Marketing Manager CitraGarden Sidoarjo, Illa Fardha Aulia menambahkan, tren penurunan suku bunga untuk kredit pemilikan rumah (KPR) serta banyaknya kemudahan yang ditawarkan pengembang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen.

"Sebagai grup developer besar, kami banyak dipercaya bank-bank ternama untuk kerja sama menawarkan skema KPR menarik bagi konsumen. Saat ini misalnya, kami menawarkan KPR yang bekerja sama dengan Bank Mandiri dengan bunga hanya 5,99% belum ditambah subsidi bunga 2% dari developer di tahun pertama, ditambah free biaya-biaya KPR," jelas Illa.

Dan sebagai ungkapan terima kasihnya kepada kepada konsumen, pengembang CitraGarden bakal menggelar even 'Mabok Durian' serta beragam acara menarik seperti dance competition pada Minggu (9/4/2017). Selain akan ada pesta durian, juga tampil bintang stand up commedy, Cak Lontong yang akan menghibur pengunjung. kbc7

Bagikan artikel ini: