Demi angkut pemudik motor, Kemenhub gaet BUMN hingga swasta

Kamis, 6 April 2017 | 13:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tengah melakukan sejumlah persiapan untuk menyambut arus mudik Lebaran 2017. Salah satunya yakni program mudik gratis kendaraan bermotor.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Darat Pudji Hartanto mengatakan, program mudik gratis bemotor ini dilakukan setelah tahun 2016 lalu berhasil dilakukan untuk mengurangi kemacetan. Beberapa langkah antisipasi pun sudah dipersiapkan untuk mengangkut masyarakat dan kendaraan yang digunakan.

"Dari Kemenhub sendiri kan, artinya tadi saya sampaikan ke Dirjen Bina Marga bahwa beban lalin (lalu lintas) yang ada di darat itu harus dikurangi seperti melalui program tahun lalu mudik gratis sepeda motor, kami kerjasama dengan perusahaan swasta dan BUMN," ungkapnya di Kantor Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR, Jakarta, Rabu (4/5/2017).

Dia mengatakan, dalam program mudik gratis ini nantinya, keselamatan dan kenyamanan masyarakat akan diperhatikan oleh pihaknya.

"Itu sudah dilakukan, jadi orangnya pakai bus AC pariwisata, sepeda motornya dinaikkan ke truk tiga sampai empat hari sebelum berangkat. Kemudian bisa juga menggunakan kereta api, itu sudah biasa," tukasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: