Sambut Hari Kartini, PLN Distribusi Jatim sumbangkan seribu buku ke Rumah Baca

Jum'at, 21 April 2017 | 17:21 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Menyambut Hari Kartini 2017, PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Persero Distribusi Jatim menyiapkan 1000 buku untuk disumbangkan ke sejumlah Rumah Baca wilayah Surabaya, diantaranya adalah  Rumah Baca Rajawali RW 01, Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya aerta Taman Bacaan Bintang Mangrov.

"1000 buku yang akan disumbangkan tidak semuanya baru, banyak juga buku bekas hasil sumbangan dari karyawan PLN, tapi semuanya masih bagus dan layak baca karena kami sudah memilih secara teliti," ungkap Deputi Manajer Kobiling PLN Distribusi Jawa Timur, Pinto Raharjo disela penyerahan buku, Surabaya, Jymat (21/4/2017).

Buku-buku tersebut merupakan sumbangsih dari seluruh jajaran pegawai dan manajemen PLN se-Jawa timur yg terdiri dr 17 area dan 1 Kantor Distribusi. Taman bacaan RW.01 rajawali adalah salah satu taman bacaan yg belum mendapat sumbangan buku dari pemerintah dan selama ini hanya mendapat buku dari sumbangan mandiri warga sekitar. Hal ini lah yang menjadi dasar pln memilih taman bacaan ini sebagai lokasi penyerahan buku untuk negeri.

Selain itu semangat dari pengurus bunda paud yang senatiasa bekerja tanpa pamrih merupakan asset yang paling berharga yg harus didukung oleh berbagai pihak baik pemerintahan dan instansi atau lembaga lainnya seperti pln. Oleh karena itu PLN tergerak untuk mendorong pemenuhan kebutuhan buku untuk pendidikan sebagai jendela ilmu ditaman bacaan ini. Hal ini pun diseleraskan dengan keberadaan taman bacaan yang sangat dekat dengan kantor pelayan PLN Rayon Indrapura.

Karena itulah, sehari sebelum peringatan Hari Kartini, Pinto dibantu beberapa staf, terus memilah jenis buku dan dikelompokkan sesuai isi dan muaten yang ada dibuku itu. "Hari ini kami sudah memilah jenis buku seperti buku sejarah, agama, tokoh nasional, ekonomi, cerita nabi, serta buku bancaan untuk pelajar," tuturnya.

Kegiatan sosial ini, kata Pinto rencananya akan dilakukan setiap tahun, khususnya dalam menyambut Hari Kartini dengan jumlah buku yang akan terus ditambah, mengingat kedepan PLN akan membuka untuk masyarakat yang ingin menyumbangkan buku bancaan yang tidak terpakai.

"Kami ingin peringatan Hari Kartini tahun ini menjadi bermakna dengan kegiatan sosial. Apa yang kami lakukan merupakan awal untuk mewujudkan generasi muda yang gemar membaca, sehingga kedepan generasi muda Indonesia bisa semakin cerdas dan berwawasan luas," imbuhnya.kbc6

Bagikan artikel ini: