Unjuk kebolehan dan karya kaum wanita di Festival Kartini 2017

Minggu, 23 April 2017 | 12:12 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Tak bisa dipungkiri, peran kaum perempuan saat ini sudah tak bisa dipandang sebelah mata. Di sejumlah sektor, mulai bisnis, karir, hingga kemiliteran kaum perempuan sudah bisa sejajar dengan laki-laki. Salah satunya adalah peran pahlawan nasional, RA Kartini yang terus memperjuangkan emansipasi wanita.

Nah, guna memeringati Hari Kartini sekaligus menghargai karya para perempuan, Indonesia Heritage menggelar Festival Kartini 2017, yang berlangsung di Atrium Grand City Mall Surabaya, pada 20-24 April 2017. Kegiatan ini mengambil tema 'Perempuan, Canting, dan Secangkir Kopi'.

CEO Indonesian Heritage, Mona Explomo menuturkan, Festival Kartini ini menjadi salah satu acara rutin yang bertujuan untuk menghormati bulan emansipasi wanita sekaligus, menjadi sumber edukasi juga untuk mengenang jasa-jasa Kartini bagi wanita Indonesia.

"Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak masyarakat untuk mencintai dan menghargai karya dan budaya Indonesia khususnya dari kaum wanita," katanya.

Beragam kegiatan dihelat di ajang ini. Selain acara non bareng film Kartini pada hari pertama pada 20 April 2017, juga digelar fashion show sekaligus pembukaan oleh Ny Ummu Fatma Saifullah Yusuf.

Juga ada Show Pengantin Tradisional maupun Eropa serta Cipta Karya Rias pada 21 April, juga lomba kolintang yang diikuti sejumlah grup dari beberapa daerah di Jawa Timur pada Sabtu (22/4/2017). Pada 23 April menjadi acara yang paling istimewa, dimana mengundang 138 perempuan membatik di atas kain menggunakan canting, yang memiliki makna melestarikan budaya batik serta tahun peringatan Kartini yang menginjak 138 tahun.

Pada puncak acara, mengundang para barista kopi perempuan dalam acara Festival Kopi pada 24 April dimana para pengunjung dapat menikmati racikan kopi secara langsung dan original. kbc7

Bagikan artikel ini: