Incar segmen menengah, Jayaland rilis rumah dua lantai Rp900 jutaan

Rabu, 26 April 2017 | 16:08 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Meningkatnya kelas menengah di masyarakat khususnya warga kota kedua di Jawa Timur mendasari PT Jayaland untuk memperkuat pasar di segmen ini. Pengembang perumahan Puri Surya Jaya di selatan Surabaya ini mengawali tahun 2017 dengan membuka cluster baru, yakni Boston Extension dan Vancouver Extension.

Manager Unit Bisnis PT Jayaland, Samson Suryanto mengatakan, sebagai salah satu pengembang besar di Surabaya selatan, pihaknya tetap mengikuti tren pasar, selain juga mengiringi menggeliatnya masyarakat segmen menengah dan menengah atas di Surabaya selatan dan Sidoarjo.

"Dan kita beruntung memiliki lahan yang cukup istimewa yang berada di extension dari dua cluster terbaik kami, yakni Boston dan Vancouver yang sukses dipasarkan pada 2007 dan 2006," katanya di sela pengenalan cluster Boston Extension dan Vancouver Extension di Ciputra World Surabaya, Rabu (26/4/2017).

Menurut Samson, produk baru tersebut dibangun di atas lahan seluas 4 hektare dengan total sebanyak 177 unit yang terbagi dalam lima tipe pilihan yang kesemuanya dua lantai.

Jayaland akan memulai pembangunan cluster baru ini sekitar Oktober 2017, dan diperkirakan akan mulai dilakukan serah terima paling lambat 2 tahun setelahnya.

Pihaknya optimistis, dengan keunggulan lokasi, lingkungan yang sudah terbentuk, fasilitas yang memadai, serta keamanan 24 jam, produk baru teersebut akan habis dalam waktu singkat.

"Kita buka pemesanan baik kepada end user maupun investor. Karena dengan membeli produk ini, pasti untung, karena selisih harga perdana dengan harga normal atau selang sehari setelah dibuka penjualan, harga naik 10 persen atau di kisaran Rp 90 jutaan," ujarnya.

Pernyataan Samson itu bukan sekadar isapan jempol. Jika melihat dari pergerakan harga di cluster Boston dan Vancouver, pada 2007 harga rumah di cluster ini di angka Rp 215 jutaan dengan tipe yang sama, saat ini harganya sudah di kisaran Rp 987 juta untuk cluster baru. "Artinya ada peningkatan harga sekitar 330 persen dalam jangka waktu lima tahun," tandasnya.

General Manager PT Jaya Real Property Tbk, Subianto Setjawardaja menambahkan, kenaikan harga tanah di Puri Surya Jaya dipengaruhi oleh fasilitas yang tersedia, seperti tempat olahraga, club house, sekolah, hingga commercial area. "Kami siapkan lahan seluas 20 hektare untuk commercial area. Yang sudah ada tenant besar yakni McDonald's dan Super Indo, dan dalam waktu dekat akan masuk Ace Hardware," ujarnya.

Tak hanya fasilitas, ucap dia, lokasi Puri Surya Jaya juga sangat strategis, karena terletak di jalan utama Surabaya-Sidoarjo serta rencana pengembangan infrastruktur jalan frontage road serta berada di dekat rencana exit tol Klopo Sepuluh.

Perumahan Puri Surya Jaya sendiri memiliki luas lahan 600 hektare, dimana baru dikembangkan 20 persen. Meski demikian, lingkungan dii kawasan ini sudah terbentuk, karena sudah ada sekitar 13.500 keluarga yang telah menghuni. kbc7

Bagikan artikel ini: