Lantik Kadin Lamongan, ini pesan penting dari La Nyalla

Rabu, 3 Mei 2017 | 10:44 WIB ET

LAMONGAN, kabarbisnis.com: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti, melantik jajaran pengurus Kadin Lamongan di pendopo kabupaten setempat, Rabu (3/5). La Nyalla berharap, Kadin Lamongan bisa ikut berperan menggerakkan perekonomian daerah.

”Lamongan punya potensi besar, apalagi secara geografis dekat dengan Surabaya sebagai sumber pertumbuhan utama dan hub ke kawasan Indonesia Timur. Jadi untuk distribusi produk sudah tak ada masalah. Tinggal bagaimana teman-teman di Lamongan mengolah potensi yang ada, sehingga bisa memberi dampak ekonomi ke masyarakat,” ujar La Nyalla.

La Nyalla mengingatkan agar para pengusaha di Lamongan bisa meningkatkan nilai tambah produk. Lamongan dikenal mempunyai banyak komoditas strategis, di antaranya perikanan, jagung, dan peternakan. Bahkan untuk jagung termasuk yang terbaik karena produktivitasnya bisa menembus angka 10 ton per hektare.

”Tapi saya harapkan teman-teman di Lamongan bisa kreatif, olah jagungnya, beri nilai tambah sehingga harganya bisa lebih mahal, otomatis manfaatnya bisa lebih terasa bagi petani maupun teman-teman pengusaha yang bermitra dengan para petani,” papar La Nyalla.

Demikian pula dengan komoditas perikanan. Menurut La Nyalla, Lamongan punya sumberdaya perikanan yang cukup besar. Dengan letak geografis yang dekat dengan kota-kota besar sebagai sasaran pemasaran, tentu lebih menguntungkan bagi pengusaha Lamongan.

”Kemas yang baik produknya, bikin menarik sehingga konsumen meminatinya. Bikin pemasaran yang kreatif, karena sekarang eranya kreativitas. Sudah tidak bisa kita jualan produk seperti dulu lagi yang dikemas seadanya dan tidak memperhatikan keunggulan,” ujarnya.

“Saya meminta Kadin Lamongan bisa memfasilitasi para nelayan dan UMKM bidang perikanan untuk bisa meningkatkan nilai tambah produknya. Diajak bermitra, dilatih, diberi kemasan yang bagus, dicarikan channel distribusinya, dan jangan lupakan pemasaran online. Pasarkan produk lewat online, latih UMKM-UMKM Lamongan untuk go digital,” imbuh La Nyalla.

La Nyalla juga mengajak jajaran pengusaha di Lamongan untuk bersinergi dan bergerak cepat menangkap setiap peluang ekonomi. Saat ini Lamongan sudah mulai dibanjiri investasi karena terjadi pergeseran bisnis dari Surabaya menuju daerah sekitarnya, termasuk Lamongan. “Teman-teman harus menangkap peluang ini, jalin sinergi bersama-sama berkembang antara pengusaha besar dari luar Lamongan atau bahkan luar negeri dengan pengusaha lokal Lamongan,” kata La Nyalla. kbc3

Bagikan artikel ini: