La Nyalla ajak Kadin Probolinggo kreatif bikin program

Kamis, 4 Mei 2017 | 21:40 WIB ET

PROBOLINGGO, kabarbisnis.com: Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, La Nyalla Mahmud Mattalitti, mendorong Kadin-Kadin di kabupaten/kota untuk lebih kreatif dalam melaksanakan program kegiatan. Program yang disusun harus bisa memberi manfaat nyata bagi masyarakat.

"Kadin harus bisa memberi kontribusi pengembangan daerah dan pemberdayaan ekonomi warga. Maka kuncinya adalah bikin program kreatif dan inovatif, jangan hanya terjebak pada seremoni semata," kata dia saat memberi pembekalan pengurus Kadin Kota Probolinggo, Kamis (4/5). Pembekalan tersebut dilakukan sebagai persiapan pelantikan pengurus Kadin Kota Probolinggo yang akan dilaksanakan Jumat (5/5).

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Wakil Ketua Umum Kadin Jatim Deddy Suhajadi dan sejumlah pengurus. Kadin Jatim juga menghadirkan praktisi peternakan Thamrin T dan praktisi pariwisata Bambang Priambodo yang memberi pembekalan terkait bisnis di bidang tersebut kepada para pengusaha Probolinggo.

"Saya sengaja bawa praktisi peternakan dan pariwisata untuk memberi perspektif baru yang saya harapkan bisa bermanfaat bagi pengusaha Probolinggo. Kita diberi tahu prospeknya bisnis peternakan sapi, dan caranya bagaimana agar bisa memberi manfaat ke masyarakat. Demikian pula dalam bisnis pariwisata. Jadi pembekalan ini tidak hanya seremonial saja, tapi ada manfaatnya," kata La Nyalla. 

"Ujung-ujungnya tentu saya berharap bisa mendorong teman-teman untuk mengembangkan bisnis baru yang bisa menambah lapangan pekerjaan bagi masyarakat," imbuh La Nyalla.

La Nyalla mengatakan, Kadin adalah satu-satunya organisasi pengusaha yang dilindungi dan diatur oleh Undang-Undang, sehingga posisinya sangat strategis. Posisi tersebut harus dimanfaatkan dengan berperan optimal dalam pengembangan daerah dan masyarakat.

"Jangan sampai status sebagai pengurus Kadin hanya jadi status, tapi tidak bermanfaat bagi ekonomi rakyat," tegas La Nyalla.

La Nyalla menambahkan, Kadin juga harus bisa bersinergi dengan pemerintah daerah agar ekonomi lokal bisa berkembang pesat. "Sinergi ini penting karena Kadin harus bisa membantu pemerintah daerah. Selain soal pengembangan usaha, sinergi perlu dilakukan dalam bidang sosial, seperti pengentasan kemiskinan. Contoh riilnya, pengusaha Kadin di daerah bisa menjadi bapak asuh siswa dari keluarga kurang mampu,” pungkas La Nyalla.

Bagikan artikel ini: