Bidik konsumen muslim, Medina kenalkan foodware bersertifikat halal

Kamis, 11 Mei 2017 | 15:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Brand wadah makanan (foodware) berbahan plastik, Medina, menargetkan bisa meraih pangsa pasar 15% di industri foodware tanah air pada pada 5 tahun mendatang.

General Manager Marketing Communication Medina, Dewi Hendrati, mengatakan meski baru diluncurkan di pasaran awal tahun ini, pihaknya optimis bisa meraih pangsa pasar yang cukup besar karena produk ini merupakan satu-satunya yang mengantongi sertifikat halal di pasaran.

“Saat ini di pasaran baru Medina yang mempunyai sertifikat halal dari Mejelis Ulama Indonesia (MUI). Bagi konsumen yang mengutamakan gaya hidup sehat dan halal, sertifikat halal ini tentunya menjadi pilihan utama dalam memilih produk termasuk foodware seperti Medina,” ujarnya kepada wartawan di sela seminar Medina inspirasi Talk (MIT) di Hotel Maxone Tidar Surabaya, Kamis (11/5/2017).

Dewi menambahkan, untuk mendapatkan sertifikat halal dari MUI, berbagai tahapan produksi harus diinspeksi dan masing-masing sudah dinyatakan halal. Mulai dari bahan baku produksi (raw material), proses produksi, penyimpanan hingga distribusinya harus dipastikan sesuai dengan prinsip-prinsip halal.

Saat ini, Medina sudah meluncurkan 19 set varian produk mulai wadah penyimpanan makanan, wadah minuman, hingga peralatan masak. Produk-produk ini diapsarkan di rentang harga Rp 100 ribu-500 ribu perset.

Produk Medina diproduksi di dalam negeri tepatnya di pabrik Cikupa, Tangerang. Tiap bulan, pabrik tersebut mampu memproduksi 300 ribu set produk.  Tahun ini, Medina menargetkan pendapatan hingga Rp 15 miliar.

Untuk pemasaran di Indonesia, kompetitor Tupperware ini menunjuk online retailer, Dusdusan.com sebagai distributor tunggal. Nantinya retailer perorangan atau end user bisa menjadi member di dusdusan.com.

“Untuk sistem pemasaran kita memang sengaja memilih sole distributor Dusdusan karena ini memberikan keuntungan baik bagi retailer perorangan maupun end user,” tutur Dewi. kbc8

Bagikan artikel ini: