Bupati Anas: Masuk Ramadan, ayo sungkem ke orang tua

Sabtu, 27 Mei 2017 | 06:49 WIB ET

BANYUWANGI, kabarbisnis.com: Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengajak warga dan para pegawai negeri sipil (PNS) di daerahnya untuk menyenangkan orang tua dengan cara yang lebih spesial dalam menyambut dan selama Ramadan.

"Memang menyenangkan orang tua harus tiap hari. Tapi Ramadan ini momentum, terasa spesial. Bagi yang selama ini mungkin merasa super sibuk dan sedikit memperhatikan orang tua, sekarang mari senangkan mereka. Telepon, datangi, sungkem," ujar Anas seusai sungkem ke ibundanya di Ponpes Mabadiul Ihsan, Banyuwangi.

"Jika orang tua sudah wafat, ziarah ke makamnya. Bersihkan makamnya. Kirim doa," sambung Anas.

Anas menambahkan, orang tua adalah kunci kebahagiaan dan kesuksesan. "Saya termasuk yang punya keyakinan penuh soal ini. Tidak mungkin kita bisa bahagia jika orang tua kita tidak bahagia. Ini bukan soal materi, tapi bagaimana kita memperlakukan orang tua," ujar bupati berusia 43 tahun itu.

Selain membahagiakan orang tua, menjelang Ramadan, Anas mengajak warga melakukan gerakan bersih-bersih masjid. Gerakan ini mengajak masyarakat menyiapkan masjid dan surau menjadi bersih dan nyaman untuk menjadi pusat berbagai aktivitas selama berlangsungnya bulan suci umat Islam tersebut.

"Apabila masjid bersih dan harum, akan membuat jamaahnya betah melaksanakan ibadah di masjid. Tapi, semua warga sekitar masjid harus terlibat, jangan hanya mengandalkan takmir masjid," kata Anas.

Selain itu, Anas juga mengajak meningkatkan sedekah. Menurut dia, sedekah ini mengandung banyak dimensi. Selain berpahala, sedekah merupakan ibadah sosial yang bermanfaat untuk sesama manusia.

"Sedekah akan membantu memperingan beban mereka yang membutuhkan. Mari kita perbanyak sedekah karena saat Ramadan segala amal ibadah dibalas Allah SWT dengan pahala berlipat ganda,” ajak Anas. kbc4

Bagikan artikel ini: