BPJS Ketenagakerjaan Rungkut bagi-baji takjil sambil sosialisasi program

Rabu, 21 Juni 2017 | 22:36 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Sosialisasi program jaminan sosial terus dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut. Kali ini, mereka melakukan sosialisasi sambil membagikan takjil.

Sebanyak  300 paket takjil dibagikan kepada pengguna jalan di Raya Rungkut Industri. Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut, Arbi Harun mengatakan bahwa pembagian takjil dilakukan di jalan Raya Rungkut Industri karena pada saat sore banyak karyawan pabrik di sekitar Rungkut, utamanya di kawasan industri Sier yang pulang melewati jalan tersebut.

“Lokasi ini sangat strategis digunakan sosialisasi ke pengguna jalan, karena banyak karyawan pabrik yang lewat sini. Makanya untuk pembagian taljil, selalu kami lakukan di sini,” ujar Arbi Harun di sela pembajian takjil, di Surabaya, Rabu (21/6/2017).

Ia berharap, melalui kegiatan yang dilakukan ini maka masyarakat akan semakin mengenal BPJS Ketenagakerjaan.  Selain itu, pembagian takjil hasil sedekah karyawan BPJS Ketenagakerjaan Rungkut ini juga diharapkan bisa mengasah jiwa sosial mereka serta kebersamaan di lingkungan tempat kerja dan masyarakat.

Lebih lanjut ia mengungkapkn bahwa pihaknya terus melakukan edukasi kepada masyarakat tentang berbagai program jaminan sosial yang telah diselenggarakan. Selain melalui pembagian takjil saat Ramadhan, Sosialisasi juga dilakukan dengan berbagai macam kegiatan dan di banyak lokasi.

Sosialisasi melingkupi tentang hak tenaga kerja dalam memperoleh jaminan sosial. Tentang program yang dilaksanakan, mulai dari program kecelakaan kerja, kematian, jaminan hari tua dan program pensiun. Sementara untuk pekerja mandiri atau pekerja informal, mereka bisa mendaftar secara pribadi ataupun kelompok untuk dua program, yaitu program kecelakaan kerja dan kematian hanya dengan membayar Rp 16.800 per bulan.

Terkait target penambahan peserta baru di tahun ini yang di tetapkan pusat untuk BPJS TK Cabang Surabaya Rungkut, Arbi mengaku mencapai 120 ribu tenaga kerja baru. Terget tersebut meliputi tenaga kerja informal sebanyak 74 ribu peserta, tenaga kerja formal 26 ribu peserta dan tenaga kerja kontruksi sebanyak 20 ribu peserta. Sementara jumlah tenaga kerja yang sudah tercatat sebagai peserta hingga akhir Desember 2016 mencapai 120 ribu peserta dari tenaga kerja formal, 7 ribu peserta dari tenaga kerja informal dan 32 ribu peserta dari tenaga kerja kontruksi.kbc6

Bagikan artikel ini: