Diaspora Indonesia beri penghargaan ke Jokowi

Selasa, 4 Juli 2017 | 06:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Indonesia Diaspora Network Global (IDNG) yang telah menggelar Kongres Diaspora ke-4 Indonesia (Congress of Indonesian Diaspora/CID) di Jakarta, sepakat untuk menganugerahkan penghargaan bertajuk “Award for Meritorious Leadership” atau Penghargaan untuk Kepemimpinan yang Berjasa kepada Presiden Joko Widodo. Pemberian penghargaan dilakukan hari Senin (3/7) pukul 09.00 WIB di Istana Negara oleh sembilan dewan eksekutif IDNG dari berbagai negara.

“Presiden Jokowi adalah presiden yang sangat pro-diaspora. Dalam setiap kunjungan ke luar negeri selalu perhatian khusus untuk bertemu diaspora di mana pun. Beliau juga selalu mengimbau agar diaspora Indonesia dapat lebih berkontribusi untuk tanah air,” kata Sekjen IDNG Prof Yenni Thamrin lewat siaran pers IDNG di Jakarta.

Tokoh diaspora dari Los Angeles, Amerika Serikat (AS), Butce Lie, menambahkan penghargaan ini diberikan karena upaya Presiden Jokowi yang gigih untuk menciptakan sinergi antara diaspora dan Tanah Air Indonesia sebagai tema besar kongres diaspora tahun ini.

Sekitar 9.000 orang hadir dalam CID keempat dengan tema "Bersinergi Membangun Bangsa" yang digelar hari Sabtu (1/7) di Jakarta. Acara utama pada Sabtu lalu menghadirkan Presiden AS ke-44, Barack Obama, sebagai pembicara kunci dalam sesi pembukaan.

“Penghargaan ini diberikan sebagai apresiasi yang tinggi dari diaspora atas perhatian dan dedikasi Presiden Joko Widodo yang sangat besar terhadap diaspora Indonesia,” kata Wakil Presiden IDN Timur Tengah dan Afrika, Ali Musthofa.

Sementara itu, Ketua Board of Trustee IDNG sekaligus ketua panitia CID keempat, Dino Patti Djalal, menyebut kongres diaspora Sabtu lalu tercatat sebagai sejarah terbesar dalam gerakan diaspora Indonesia. Kongres tersebut adalah acara dua tahun sekali yang diawali oleh kongres pertama di Los Angeles tahun 2012. Diaspora yang hadir dalam kongres keempat berasal dari 134 kota, 52 negara, dan 71 kota di Indonesia.

Pemberian penghargaan kepada Presiden Jokowi adalah salah satu agenda internal yaitu dialog sektoral sebagai bagian dari CID keempat yang digelar 1-4 Juli 2017. Setelah memberikan penghargaan kepada Presiden Jokowi, diaspora Indonesia dari chapter IDN Qatar dan Society of Indonesian Energy Professional (SIEP) Houston dijadwalkan bertemu dengan Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral yang juga mantan diaspora AS, Archandra Tahar di Kementerian ESDM. kbc1

Bagikan artikel ini: