Penjualan di semester I turun 7%, ini strategi AHM di 2017

Kamis, 13 Juli 2017 | 13:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Melemahnya daya beli masyarakat di semester I tahun ini rupanya berimbas juga terhadap penjualan PT Astra Honda Motor (AHM). Ini membuat pabrikan motor Honda tersebut cukup konservatif dalam mematok target penjualan hingga akhir tahun 2017.

"Jika pencapaian semester II sama dengan semester I, itu sudah baik," kata Ahmad Muhibbudin, Manager Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM), Rabu (12/7/2017).

Asal tahu saja, sampai semester I 2017 ini penjualan sepeda motor secara nasional berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) hanya meraih angka 2,70 juta unit. Jumlah tersebut turun hampir 9% dibanding semester I 2016 yang sebanyak 2,96 juta unit.

Sedangkan AHM, kata Muhib, turun di kisaran 7,1% pada semester I 2017 dibanding periode sama di 2016. Namun Muhib tidak bisa merinci angka penjualannya. "Tahun ini memang berat bagi industri," katanya.

Namun Ketua Bidang Komersil AISI, Sigit Kumala, mengatakan, ada peluang untuk menumbuhkan pasar di luar pulau Jawa. Penjualan di Sumatera dan Kalimantan khususnya, terdapat kenaikan penjualan yang cukup signifikan. "Memang ada pertumbuhan, tapi dari segi volume masih lebih kecil ketimbang Jawa dan Bali," timpal Muhib.

AHM tetap akan berusaha menggairahkan pasar sepeda motor dengan cara meningkatkan layanan purna jual. "Kami juga akan terus meluncurkan produk-produk baru," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: