Sinergi BUMN, Hotel Indonesia Group mesra dengan Pelindo III

Selasa, 18 Juli 2017 | 20:03 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Kondisi BUMN perhotelan kian membaik. Melalui Hotel Indonesia Group (HIG) yang menjadi holding BUMN perhotelan, mereka berpacu meningkatkan kinerjanya. Untuk itu, sejumlah BUMN di luar perhotelan telah diajak bekerjasama dalam penyediaan akomodasi, salah satunya PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III.

“Saat ini kami menandatangani kerjasama dengan Pelindo III, sebelumnya dengan PT Semen Padang dan PT Bukit Asam. Setidaknya, ada sekitar 21 BUMN yang telah bekerjasama untuk penyediaan akomodasi. Tidak hanya untuk keperluan dinas, tetapi juga untuk keluarga dan karyawan. Mereka akan mendapatkan harga khusus dari kami,” ujar Direktur Utama PT Hotel Indonesia Natour (Persero), Iswandi Said saat acara penandatanganan kerjasama Corporate Benafit di Grend Inna Tunjungan Surabaya, Selasa (18/7/2017). Hotel Indonesia Natour atau HIN menjadi koordinator HIG sesuai dengan penugasan Kementerian BUMN.

 

Diungkapkan Iswandi, pascapembentukan holding BUMN Perhotelan pada tahun lalu, kinerja sejumlah hotel BUMN telah menunjukkan tren positif. HIN mislanya, kinerjanya berangsur membaik dan sehat, kerugiannya berangsur menipis. Dari sebelumnya rugi sebesar Rp 136 miliar pada tahun 2015 menjadi Rp 82 miliar di tahun 2016. Bahkan pada tahun ini ditargetkan bisa break even point atau BEP dan tidak merugi.

 

“Kalau kami secara pribadi, dengan melihat kinerja mulai awal tahun ini, yakin bakal membukukan pendapatan sebesar Rp 9 miliar,” tambahnya.

 

Untuk mencapai target tersebut, HIN telah melakukan perbaikan fasilitas dan renovasi kamar di sejumlah hotel miliknya. Dan untuk pekerjaan tersebut, HIN telah mengalokasikan dana sebesar Rp 150 miliar untuk perbaikan atau renovasi di sembilan hotel. Misalkan di hotel Samudra Beach dilakukan perbaikan lift.

“Intinya kami lebih dahulu memperbaiki fasilitas yang paling penting. Dan dari 14 unit hotel yang telah kami miliki, ada 9 yang perlu dilakukan renovasi dan tiga hotel yang masih bagus dan tidak memerlukan perbaikan atau renovasi. Selain itu, kami juga akan berupaya memperbaiki brand image perusahaan” tegasnya.

Iswandi memaparkan, melalui program BUMN sinergi maka BUMN yang lain ikut tergerak untuk menyukseskannya. Mereka terbuka dan mau menjalin kerjasamaa.

“Kolaborasi ini merupakan wujud sinergi BUMN yang dicanangkan pemerintah sehingga akan memberikan nilai tambah bagi perusahaan BUMN, selain tentunya menghasilkan keuntungan dari sisi bisnis,” ungkapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama PT Pelindo III, IGN Askhara Danadiputro mengatakan bahwa Pelindo III sebagai BUMN Kepelabuhanan akan ikut berpartisipasi mendongkrak kinerja BUMN perhotelan. Karena sesuai arahan Menteri BUMN bahwa BUMN harus bersinergi untuk mewujudkan BUMN yang kuat dan tidak boleh merugi.

“Apalagi saya juga termasuk yang ngompori terbentuknya program holding BUMN perhotelan. Saat itu, tepatnya di Bali, kami bersepakat untuk mengumpulkan BUMN perhotelan, membuat jaringan hotel nusantara bertaraf internasional,” pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: