Perkuat bisnis inti, Tesla rekrut dua direktur independen dari kalangan media

Selasa, 18 Juli 2017 | 22:39 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Produsen mobil listrik asal Amerika Serikat Tesla Inc merekrut dua direksi baru dari kalangan media. Kedua orang itu adalah James Murdoch, CEO Twenty-First Century Fox Inc dan Linda Johnson Rice, pimpinan majalah Ebony Johnson Publishing Co.

Dengan masuknya James Murdoch dan Linda Johnson Rice sebagai direktur independen, maka jumlah dewan direksi Tesla Inc menjadi 9 orang.

Penunjukkan James Murdoch dan Linda Johnson Rice untuk memenuhi tuntutan investor strategis yang menginginkan agar Tesla memiliki direktur independen. Penunjukkan dua direktur independen ini untuk menghindari intervensi yang terlalu dalam dari CEO Tesla Elon Musk terhadap dewan direksi.

Seperti dilansir dari laman investors.com, Senin 17 Juli 2017, pada pertengahan April lalu, Tesla mengumukan bahwa perusahaan mencari dua calon direktur independen setelah mendapat tekanan dari investor strategis yang memiliki saham cukup besar yakni dana pensiun guru, The California State Teachers' Retirement System dan investor lainnya.

Kelompok investor itu dalam surat yang ditujukan kepada dewan direksi menyebutkan bahwa lima anggota dewan direksi memiliki hubungan pribadi dengan Elon Musk sehingga dikhawatirkan akan mempengaruhi independensi mereka.

The California State Teachers' Retirement System dan empat investor besar lainnya dengan dengan aset gabungan mencapai US$21 miliar mendorong dilakukannya sistem pemilihan anggota dewan direksi setiap setahun sekali. Selama ini pemilihan anggota dewan direksi dilakukan setiap tiga tahun sekali. kbc10

Bagikan artikel ini: