Perkuat segmen industri, Evalube perluas jaringan di Indonesia Timur

Kamis, 20 Juli 2017 | 23:53 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: PT Wiraswasta Gemilang Indonesia (WGI), tampaknya tak puas hanya bermain di segmen otomotif. Prinsipal pelumas merek Evalube ini kini terus berupaya memperkuat segmen industri, yang dinilai memiliki potensi pasar yang besar.

"Secara penjualan, saat ini antara yang produk untuk mesin otomotif dengan mesin-mesin industri, masih sekitar 70 persen dan 30 persen. Namun tren untuk komposisi segmen industri terus meningkat, karena saat ini kebutuhan mesin dan alat berat yang memerlukan pelumas juga mulai bangkit, salah satunya di sektor pertambangan," kata Stefanus Harlim, General Manager Commercial Industri PT WGI,  di sela pameran Surabaya Manufacturing 2017 di mal Grand City Convex Suraaya, Kamis (20/7/2017).

Dipaparkannya, pertumbuhan penjualan pelumas Evalube untuk segmen industri pada semester I tahun 2017 ini sebesar 30 persen hingga 35 persen. Dia optimistis di semester II ini pertumbuhannya akan meningkat. "Tahun ini kita menargetkan pertumbuhan penjualan di segmen industri sebesar 50 persen," ujarnya.

Guna memenuhi target itu, salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan menambah jaringan distribusi.  Terutama di wilayah Indonesia Indonesia.

"Saat ini pembangunan di wilayah Indonesia Timur sedang digalakkan. Banyak peralatan yang dipakai.  Mulai dari alat berat,  hingga mesin terkait lainnya.  Misalnya di proyek powerplant, pasti ada mesin turbin,  genset pembangkit,  yang pastinya perlu minyak pelumas," lanjut Stefanus.

Di tahun 2017 ini, disiapkan 5 cabang distribusi baru di kawasan Indonesia Timur. Selanjutnya,  WGI membidik sektor lain, selain sektor genaral manufacturing yang sudah menjadi andalan,  juga bersiap memaksimalkan pasar di sektor pertambangan,  power plant, dan konstruksi.

“Makanya kita ikut di even pameran ini, karena kita membuka peluang bisnis dan kerjasama baru dengan pelaku-pelaku industri lainnya. Meski.WGI sudah memiliki link secara nasional namun masih banyak peluang bisnis lain yang memiliki potensi besar dan dapat dikelola," ujarnya.

Selain  dengan brand Evalube, WGI saat ini juga sedang melakukan pengolahan dan produksi minyak pelumas dengan brand-brand lain, baik yang bermain di segmen otomotif maupun industri.

Kepercayaan brand-rand tersebut tak lepas dari pengalaman WGI yang sudah beroperasi lebih dari 20 tahun.

Sekadar diketahui, PT WGI memulai debutnya dengan memproduksi sebuah pelumas ternama asal Amerika Serikat, yaitu Pennzoil hingga tahun 2006. Selain Pennzoil PT WGI juga turut memproduksi beberapa merek pelumas ternama lainnya, dan kini tercatat sebagai produsen dari Evalube Lubricants.

"PT WGI selalu bersungguh-sungguh dalam hal menciptakan produk dengan kualitas terbaik, hal ini terbukti melalui kerjasama yang kami lakukan dengan pihak LAPI ITB dalam menguji kualitas produk Evalube," pungkasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: