Bangun fasilitas pendukung di Graha Natura, Intiland siapkan Rp30 miliar

Minggu, 23 Juli 2017 | 18:35 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Pengembang properti PT lntiland Development Tbk (Intiland) terus melakukan pengembangan kawasan di proyek perumahan Graha Natura, Surabaya, seiring dengan telah terbentuknya lingkungan dengan keberadaan unit-unit yang sudah dibangun, baik hunian maupun komersial.

Salah satunya adalah dengan membangun sejumlah fasilitas pendukung di lingkungan perumahan di Surabaya Barat tersebut, seperti club house, gerbang utama, jalan tembus, danau buatan, hingga taman.

Direktur proyek Graha Natura, David Hosea mengatakan, dengan telah banyaknya penghuni di Graha Natura, termasuk unit-unit yang sudah terjual, keberadaan fasilitas pendukung di perumahan yang sudah terbentuk adalah sebuah kebutuhan dasar.

"Kita tahun ini memang fokus membangun fasilitas pendukung di Graha Natura. Untuk keutuhan ini, perseroan sudah menganggarkan dana sekitar Rp 30 miliar," katanya di sela ground breaking Natura Club House di perumahan Graha Natura Surabaya, Minggu (23/7/2017).

Dipaparkannya, kawasan perumahan Graha Natura telah berkembang cukup pesat, dimana sejak diluncurkan pada tahun 2012, perumahan ini menjadi salah satu kawasan hunian favorit di kawasan Surabaya Barat.

Kawasan perumahan ini sukses memasarkan sejumlah klaster baru seperti Morning Glory, Mahogany, Garden Ville, maupun unit-unit komersial Small Office Home Office (SOHO). Pengembangan terbaru adalah peluncuran klaster Edenia yang menjadi awal pengembangan tahap II di kawasan perumahan ini.

“Oleh karena itu, keberadaan fasilitas club house ini akan meningkatkan kenyamanan bagi para penghuni Graha Natura. Ke depan kawasan ini akan berkembang pesat sebagai kawasan hunian terpadu yang dilengkapi banyak fasilitas penunjang yang mendukung konsep pengembangannya Nature, Healiy Living, dan Technology,” kata David.

Berlokasi di sisi terdepan kawasan, Natura Club House dibangun di lahan seluas 2.600 meter persegi dengan total luas bangunan mencapai 6.500 meter persegi. Club house ini memiliki ketinggian tiga lantai dan satu area rooftop serta dilengkapi dengan fasilitas area parkir basement. Perseroan merencanakan proses pembangunan akan memakan waktu 15 bulan dan mulai beroperasi Desember 2018.

Bangunan 4 lantai ini menyediakan beragam fasilitas olah raga dan gym. Pada area ground floor tersedia restoran dan kolam renang semi indoor seukuran separo kolam renang standar olimpiade. Kolam renang ini juga dilengkapi fasilitas Jacuzzi dan kolam renang untuk anak-anak.

Menurut David Hosea, lantai satu menyediakan fasilitas gym yang dilengkapi juga dengan aerobic, spinning area, dan sauna. Sementara pada lantai dua tersedia hall atau ruang pertemuan dengan kapasitas hingga 400 orang, prefunction area. VIP room, serta dressing room.

Lantai rooftop dapat dinikmati sebagai area serbaguna untuk indoor maupun outdoor. Area ini bisa difungsikan sebagai tempat berkumpul bersama bersama keluarga atau kolega dalam suasana yang lebih santai.

“Kami ingin club house ini menjadi salah satu tempat berkumpul sekaligus bersosialisasi yang nyaman bagi para penghuni Graha Natura,” ungkapnya.

Sementara Head of Project Graha Natura, Renny Mariska menambahkan, guna memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk memiliki rumah di Graha Natura, pihaknya tengah menggelar promo penjualan yang menarik. Ada banyak promo yang ditawarkan, mulai free membership family selama 2 tahun untuk setiap pembelian unit di Graha Natura.

Ada juga bonus fully furnished untuk setiap pembelian unit rumah di cluster Garden Ville tahap II, hingga paket tour gratis ke Korea, Hong Kong dan Eropa untuk pembelian tipe-tipe tertentu.

"Promo ini kami gelar selama bulan promosi. Jadi manfaatkan kesempatan terbaik ini," tandas Renny.

Pengembangan kawasan

Graha Natura merupakan salah satu kawasan perumahan yang dikembangkan perseroan di kota Surabaya. Memiliki luas area pengembangan mencapai sekitar 80 hektar, Graha Natura dibangun dalam dua tahapan. Pengembangan tahap I meliputi area seluas 32 hektar untuk produk hunian dan komersial sementara tahap II meliputi perumahan dan pengembangan mixed-use.

Direktur Pemasaran PT lntiland Grande, salah satu anak usaha perseroan, Harto Laksono menjelaskan, sejak diluncurkan tahun 2944, minat masyarakat Surabaya terhadap Graha Natura cukup tinggi. Tercatat perseroan berhasil memasarkan 515 unit rumah, properti komersial. dan kavling di kawasan perumahan ini.

"Perseroan saat ini fokus untuk pengembangan tahap II sejak tahun lalu melalui pengembangan klaster Edenia yang menyediakan sekitar 200 unit rumah. Klaster ini menawarkan beberapa tipe rumah dua lantai dengan luasan lahan mulai 90 hingga 144 meter persegi. Masing-masing tipe memiliki luas bangunan mulai 74 hingga 149 meter persegi," jelasnya.

Selain pengembangan produk perumahan, perseroan juga melakukan pengembangan di sejumlah segmen lain di Surabaya seperti apartemen, perkantoran, ritel, dan kawasan industri. Di Segmen pengembangan mixed-use & high rise, perseroan sedang melakukan tahapan pembangunan konstruksi untuk proyek Praxis, Spazio Tower, Graha Golf, dan The Rosebay.

Hingga pertengahan 2017, penjualan dari proyek-proyek di Surabaya memberikan kontribusi marketing sales Rp662,4 miliar. Jumlah tersebut memberikan kontribusi sekitar 60 persen dari peroleh marketing sales Perseroan per 30 Juni 2017 yang tercatat mencapai Rp1,1 triliun. kbc7

Bagikan artikel ini: