Bos Bank Dunia yakin Indonesia bakal sejajar dengan negara maju

Rabu, 26 Juli 2017 | 10:09 WIB ET

JAKARTA, kabarisnis.com: Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim meyakini, meski saat ini masih termasuk sebagai negara berkembang, namun Indonesia bakal bisa sejajar dengan negara-negara maju.

"lndonesia adalah negara yang sedang bangkit, dan siap bergabung dengan negara-negara ekonomi maju dunia," ujar Kim yang menjadi pembicara di Supermentor ke-20 di Jakarta, Selasa (25/7/2017).

Salah satu kunci yang dapat dilakukan Indonesia guna menyejajarkan diri dengan negara-negara maju ialah dengan memerhatikan pembangunan, bukan hanya di sektor infrastruktur tapi juga pada sumber daya manusia.

"Saya sangat mendukung upaya pemerintah untuk melanjutkan reformasi yang akan menguntungkan seluruh penduduk Indonesia, termasuk menemukan cara untuk mengumpulkan dan membelanjakan pendapatan dengan lebih baik untuk membiayai pembangunan," lanjutnya.

Guna melahirkan kesadaran dalam menghadapi tantangan Indonesia dalam membangun sumber daya manusia, Presiden Bank Dunia itu menekankan kepada anak-anak di usia dini pentingnya berinvestasi.

"Intervensi anak usia dini sangat penting untuk mengakhiri epidemi stunting, dan ini adalah investasi yang paling efektif secara biaya bagi sebuah negara untuk mengurangi ketidaksetaraan, meningkatkan pertumbuhan di masa depan, serta kemakmuran," lanjut Kim.

Dengan berinvestasi dalam meningkatkan sumber daya manusia sedini mungkin, kata dia, Indonesia bakal memetik hasilnya dalam hal peningkatan perekonomian negara lebih baik lagi untuk jangka panjang.

"Anak yang sehat dan bahagia akan menjadi anggota masyarakat yang produktif dan mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Melakukan investasi di bidang ini sangat penting untuk mewujudkan aspirasi Indonesia yang tinggi," tukasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: