Produsen susu bikin Festival Ngidam, apa isinya?

Minggu, 6 Agustus 2017 | 08:23 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Bagi perempuan yang sedang hamil, menginginkan sesuatu atau “ngidam” bukanlah hal yang aneh. Namun karena dalam kondisi tersebut mereka seringkali tidak bisa mengontrol emosi dan keinginan, maka kadang mereka tidak bisa menerapkan pola makan sehat sehingga berdampak negatif terhadap kesehatan ibu dan bayi yang dikandungnya.

“Festival Ngidam SGM Bunda adalah festival kehamilan pertama dan terbesar di Indonesia. Kami hadir dengan serangkaian aktivitas edukasi nutrisi yang lengkap dan menyenangkan untuk bunda. Kami paham bahwa bunda yang sedang ngidam cenderung memilih makanan tertentu dan kerap terkendala untuk menerapkan pola makan sehat dengan gizi seimbang. Padahal pemenuhan nutrisi selama masa kehamilan sangat penting agar tumbuh kembang anak dalam kandungan optimal,” kata Marketing Manager SGM Bunda, Christina Natalia di Surabaya, Sabtu (5/8/2017).

Dalam festival ngidam yang diselenggarakan di Surabaya ini, ibu hamil diajak bergembira dengan melakukan beragam aktifitas yang cukup seru. Mereka juga bisa menikmati berbagai makanan favorit mereka. Selain itu, mereka juga diberikan pemahaman tentang nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan agar mereka bisa menerapkan pola makan seimbang. Mereka juga dianjurkan untuk terus mengonsumsi susu karena susu merupakan sumber zat gizi bagi ibu hamil.

”Ngidam itu wajar. Dan masing-masing ibu tentu memiliki pengalaman ngidam yang berbeda-beda,” kata Dokter Spesialis Obsetri dan Ginkologi, Muhammad Adian.

Perubahan hormon yang terjadi di masa  hamil juga membuat ibu hamil mengalami peningkatan sensitivitas rasa dan penciuman yang mengubah preferensi dan pola makan terhadap jenis makanan tertentu. Faktor hormonal ini harus dipahami agar ibu hamil lebih berhati-hati dan mengontrol asupan makanan dan minuman ke dalam tubuh.

Ia menambahkan, ibu hamil harus lebih cermat dalam menjaga kesehatan dirinya dan juga si kecil sejak dalam kandungan melalui pola makan bergii seimbang. ”Sayangnya masih banyak ibu hamil yang kekurangan nutrisi,” ujarnya.

Data di Indonesia menunjukkan bahwa 6 dari 10 ibu hamil memiliki asupan protein dan beberapa zat gizi mikro yang lebih rendah dari kebutuhan.

Ibu hamil juga perlu memahami bahwa kebutuhan nutrisi saat hamil tentu berbeda dengan saat tidak hamil. Di mana ibu menjadi satu-satunya sumber nutrisi si kecil di dalam kandungan. Sehingga, kalau ibu sehat, si kecil juga sehat.

Ardian mengingatkan agar ibu hamil memastikan kecukupan nutrisi secara seimbang. Selain asupan karbohidrat, protein maupun lemak, kecukupan zat gizi mikro seperti Asam Folat, Zat Besi, Kalsium dan vitamin D juga penting untuk mengatur metabolisme tubuh.  Untuk itu ibu hamil dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrsi dengan pola makan nutrisi seimbang 3 kali sehari, konsumsi satu butir telur, minum cukup air putih sebanyak 10 gelas per hari serta dapat dilengkapi dengan konsumsi susu khusus ibu hamil. ”Yang juga penting, tinggalkan mitos!,” tegasnya.

Artis sinetron Dude Harlino yang sang istri, Alyssa Soebandono baru saja melahirkan mengungkapkan, ibu hamil cenderung mengikuti emosi sehingga sulit untuk mengontrol keinginan, termasuk terkait dengan makanan dan minuman. ”Untungnya Icha tidak ngidam yang aneh-aneh. Di kehamilan kedua ini dia ngidamnya jajan pasar jadi tidak sulit,” ujar Dude.

Sebagai suami, ia juga harus sering-sering membujuk istri agar tetap mau makan meskipun merasakan mual. ”Sedikit-sedikit dia tetap mau makan. Saya juga terus mengingatkan dan membujuk dia agar mau terus makan dan minum susu,” pungkasnya. kbc6

Bagikan artikel ini: