Bunga kredit ultra mikro dijanjikan lebih murah ketimbang KUR

Selasa, 15 Agustus 2017 | 23:53 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah memberikan keringanan bunga kredit ultra mikro yang diperuntukkan bagi masyarakat usaha kelas bawah. Bunga yang diberikan akan lebih rendah dari bunga KUR atau kredit komersial pada umumnya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan pemerintah menyalurkan kredit ultra mikro melalui PT Bahana Ventura, PT Permodalan Nasional Madani (PNM) dan PT Pegadaian dengan bunga 2-4 persen.

"Kita sampaikan lembaga penyalur dengan bunga 2-4 persen," kata Ani dalam peluncuran kredit ultra mikro di Desa Pasir Angin, Mega Mendung, Bogor, Senin (14/8/2018).

Dia mengatakan jika dibandingkan dengan bunga pinjaman lainnya, maka bunga ini jauh lebih murah. Bunga KUR, kata dia ada di level sembilan persen. Sedangkan kredit komersial pernah bunganya mencapai 12-15 persen.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso mengatakan dengan bunga yang lebih rendah diharapkan akan meningkatkan kegiatan dan produktivitas masyarakat.

Apalagi saat ini, dia bilang, banyak masyarakat yang tidak bekerja terutama ibu rumah tangga yang memilih untuk momong anak yang tentunya tak memiliki penghasilan.

"Bunga yang relatif murah dibandingkan bunga lembaga mikro perbankan 9-11 persen  kemungkinan masih bisa ditekan lagi kalau risiko bisa dimitigasi," tambah Wimboh. kbc10

Bagikan artikel ini: