Imbangi Vietnam, Indonesia jaga asa lolos ke semifinal

Rabu, 23 Agustus 2017 | 04:35 WIB ET

KUALA LUMPUR, kabarbisnis.com: Timnas Indonesia bermain imbang 0-0 dengan Vietnam dalam laga penyisihan Grup B, SEA Games 2017 di Stadion MP Selayang, Selangor, Selasa (22/8/2017) malam. 

Pada laga ini Indonesia bermain dengan 10 orang pemain usai Hanif Sjahbandi terkena kartu merah di babak kedua. Dan dengan hasil ini Indonesia berada di peringkat tiga dengan mengemas 8 poin. Sedangkan Vietnam masih di posisi pertama dengan 10 poin, diikuti Thailand dengan poin yang sama namun kalah selisih gol. Indonesia masih menjaga asa lolos ke semifinal asal bisa menang lawan Kamboja di pertandingan terakhir dengan skor besar.

Pada awal laga, Vietnam mengambil inisiatif serangan sambil, sedangkan Indonesia menunggu dengan melakukan serangan balik cepat. Indonesia coba menekan lewat sisiran yang dilakukan oleh Febri Hariyadi, tapi tendangan spekulatif dari penggawa Persib Bandung itu masih diatas gawang Vietnam.

Satria Tama dibuat sibuk di bawah mistar Indonesia. Umpan tarik cantik dari sisi kanan sayap Vietnam diserobot Tuan Tai yang datang dari belakang, untung saja Satria sigap dan tepat dalam nemepatkan posisi.

Ancaman dilancarkan Indonesia melalui tendangan jarak jauh dari Septian David pada menit 23'. Bola sepakan David memaksa Phi Minh Long melakukan penyelamatan pertamanya pada laga ini dan berbuah tendangan penjuru untuk Indonesia.

Pengujung paruh pertama ditutup dengan penyelamatan gemilang dari Satria Tama. Umpan lambung Phong Hong Duy ke area kotak penalti disambut Vu Van Thanh dengan sundulan, beruntung Satria menepisnya meski peluang gol terbuka.

Babak pertama skor imbang tanpa gol bertahan. Satria Tama jadi pemain paling heroik untuk Indonesia pada 45 menit pertama.

Pada babak kedua, 10 menit awal berjalan dalam tempo lebih sedang ketimbang babak pertama. Pelatih Luis Milla menarik Ezra Walian dan memasukkan Marinus Wanemar.

Pada menit ke-55, Nguyen Cong Phuong melepas tembakan keras namun kembali bisa diamankan Satria Tama.

Timnas Indonesia U-22 harus bermain dengan 10 pemain setelah wasit asal Oman, Al Yaqoubi Omar Mubarak Mazarouai, mengeluarkan kartu kuning kedua bagi Hanif Sjahbandi pada menit ke-63. 

Gelandang bertahan Arema FC itu terlihat menyikut Ho Tuan Tai saat berupaya menghambat laju pemain Vietnam bernomor punggung 27 itu.

Bersamaan dengan itu, tepatnya menit ke-67, pelatih Luis Milla menarik Satria Tama yang beberapa kali sudah tergeletak, dengan Kurniawan Kartika Ajie.

Vietnam kembali mengancam gawang Tim Garuda Muda lewat Ho Tuan Tai. Bola tembakannya pada menit ke-78 masih menyamping di sisi kanan gawang Kurniawan Kartika Ajie.

Upaya Luis Milla untuk lebih menggedor The Young Golden Stars dengan memasukkan Asnawi Mangkualam menggantikan Septian David Maulana pada menit ke-84, belum membuahkan hasil.

Garuda Muda beruntung, bola tembakan Tuan Tai ditepis Kurniawan Aji dan selanjutnya membentur mistar gawang Indonesia. Dan hingga akhir laga, skor 0-0 hingga wasit Al Yaqoubi Omar Mubarak Mazarouai meniup peluit panjang tanda pertandingan usai. kbc3

Bagikan artikel ini: