Ini solusi Bank Indonesia atasi gangguan ngadatnya mesin ATM

Selasa, 29 Agustus 2017 | 12:46 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Sejak Jumat (25/8/2017) pekan lalu banyak ATM Perbankan mengalami masalah. Hal tersebut diakibatkan adanya gangguan yang dialami satelit Telkom-1.

Bank Indonesia (BI) sendiri telah menyiapkan berbagai solusi agar transaksi keuangan perbankan bisa terus berjalan. Hal ini dilakukan melalui Kliring (pertukaran data keuangan elektronik antarbank) dan Real Time Gross Settlement (RTGS).

"BI akan ada untuk menjaga stabilitas sistem pembayaran dan stabilitas sistem keuangan," ujar Gubernur BI Agus Martowardojo di gedung DPR/MPR RI, Jakarta, Senin (28/8/2017).

Agus memaparkan BI juga siap menambah peredaran uang yang beredar jika memang transaksi mengalami kesulitan. "BI siap pengadaan uang rupiah apabila diperlukan," jelas Agus.

Saat ini PT Telkom Indonesia sebagai pemilik satelit T-1 sedang melakukan transfer data ke T-2 dan T-3S. Telkom menargetkan 10 Agustus 2018 akan selesai semua pemindahan data perbankan.

Mantan Menteri Keuangan itu pun yakin pemindahan data itu bisa dilakukan lebih cepat dari satelit T-1 ke satelit lain. Karena Agus menilai dampak masalah dari transaksi terhadap perbankan tidak luas. "Tapi T-1 ini tidak terlalu luas kita yakin ini bisa ditanggulangi dalam waktu dekat," ungkap Agus. kbc10

Bagikan artikel ini: