Digibank, layanan tercepat via smartphone dari Bank DBS

Rabu, 30 Agustus 2017 | 07:45 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi yang sangat pesat memaksa dunia usaha untuk terus berinovasi, salahh satunya di sektor ndustri perbankan.

Kali ini Bank DBS meluncurkan sebuah pelayanan perbankan berbasis mobile yang diberi nama Digibank by DBS. Digibank menjadi bank digital yang hadir dalam aplikasi smartphone pertama di Indonesia.

Presiden Direktur Bank DBS Indonesia Paulus Sutisna mengatakan, peluncuran ini menyusul kesuksesan Bank DBS meluncurkan produk yang sama di India pada April 2016. DBS sudah mampu merangkul 1,5 juta nasabah baru lewat Digibank.

"Pengguna smartphone yang sudah sangat banyak juga menjadi alasan kami meluncurkan Digibank. Kita seakan sudah tidak bisa hidup tanpa smartphone. Saya rasa smartphone ini menjadi banking destination poin berikutnya," tuturnya dalam konfrensi pers peluncuran Digibank by DBS di Musium BI, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

Head of Digital Banking DBS Indonesia Leonardo Koesmanto menjelaskan, ada banyak kelebihan dari Digibank. Pertama aplikasi bank yang hadir di smartphone itu memiliki teknologi biometrik atau sidik jari.

"Jadi digital banking ini paperless dan signature less. Jadi kita tidak perlu lagi buka form berlembar-lembar saat mau buka rekening," tuturnya.

Untuk membuka rekening di digibank ini, pertama unduh aplikasinya ke smartphone, lalu pilih tombol buat rekening. Kemudian calon nasabah isi informasi singkat, lalu buat username dan password untuk login digibank.

Setelah itu calon nasabah harus menjawab beberapa pertanyaan dasar seperti layaknya membuat rekening biasa. Kemudian atur jadwal bertemu dengan agen untuk proses verifikasi sidik jari dengan e-KTP.

"Jadi yang dibutuhkan hanya e-KTP. Karena disitu ada data sidik jarinya. Itu untuk verifikasi. Nah agen kita yang akan mendatangi," tambah Leo.

Untuk mengatur jadwal pertemuan dengan agen, calon nasabah bisa memilih apakah ingin bertemu saat itu juga, mengatur jadwal atau langsung mendatangi booth atau kantor DBS terdekat. Pertemuan dengan agen DBS hanya untuk verifikasi sidik jari, sehingga proses pembuatan rekening Digibank hanya 90 detik. kbc10

Bagikan artikel ini: