Wow! Diler ini sukses jual 200 unit truk Mercedes-Benz dalam tiga bulan

Sabtu, 9 September 2017 | 09:15 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Berkembangnya pasar logistik dan pembangunan infrastruktur tampaknya berpengaruh terhadap pasar kendaraan niaga di Tanah Air. Hal ini juga dirasakan PT Mercedez-Benz Distribution Indonesia dengan memperkenalkan New Axor 16T, produk truk yang dikhususkan untuk memenuhi kebutuhan sektor industri dan logistik.

Kali ini, agen pemegang merek Mercedez-Benz tersebut mulai meluncurkan jajaran produk truk andalan di Surabaya, dalam seremonial di authorized dealer Mercedez-Benz, PT Kedaung Satrya Motor (KSM) Surabaya, Jumat (8/9/2017).

CEO Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Markus Villinger yang hadir pada acara tersebut menyampaikan rangkaian produk truk Axor menambah portofolio Mercedes-Benz yang menawarkan fitur-fitur bernilai tinggi dan sangat efisien.

“Kami telah hadir di Indonesia sejak 1959 dan selalui berkomitmen menghadirkan produk yang menjawab kebutuhan pembangunan dari sisi transportasi. Sebagai salah satu pasar prioritas, kami menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan di Surabaya,” jelas Markus.

Markus menyampaikan perusahaan tersebut meluncurkan New Axor 1623 R dan 1623 C. Untuk tahap awal, pemasaran produk New Axor akan melalui mitra kerja sama distribusi Mercedes-Benz di Surabaya yaitu PT Kedaung Satrya Motor.

Perusahaan asal Jerman tersebut menilai, pasar Surabaya sangat prospektif mengingat pemerintah tengah membangun berbagai proyek sehingga membutuhkan kendaraan alat angkut berat dengan kapasitas 16—25 ton.

Director of Network, Product & Retail Trucks Indonesia, Maximilian Knorr mengungkapkan pasar truk di Indonesia pun terus menunjukkan peningkatan. Kendati demikian, dia enggan merincikan berapa target pertumbuhan yang dipatok Mercedes-Benz untuk produk truk tersebut.

“Axor merupakan lini produk kami untuk memenuhi kebutuhan pasar akan heavy-truck pada segmen on-road yang permintaannya di Indonesia terus meningkat. Spesifikasi New Axor 16T telah sesuai dengan pergerakan industri dan perkembangan infrastruktur di Surabaya,” terang Maximilian.

Optimisme Mercedes-Benz juga ditunjukkan dengan laris manisnya jajaran truk baru tersebut di pasar Jawa Timur.

President Director PT Kedaung Satrya Motor, Tjipto Adi Hidajatno menuturkan, sejak dikenalkan tiga bulan lalu, pihaknya berhasil menjual truk New Axor 16T sebanyak 200 unit.

"Kami optimis sekali, karena saat ini banyak pembangunan, mulai dari infrastruktur hingga pengembangan logistik yang tentunya sangat memerlukan angkutan truk. Sehingga kami optimistis hingga akhir tahun ini bisa menjual sebanyak 500 unit untuk seri-seri baru truk Mercy," ujar Tjipto.

Diakui Tjipto, larisnya produk truk Mercedes-Benz, selain didasari oleh kuatnya brand asal Jerman tersebut, teknologi yang diaplikasikan, kekuatan, jaringan, layanan purna jual, serta harga yang terjangkau.

"Banyak yang heran jika harga truk kami sangat kompetitif. Makanya begitu tahu spesifikasi dan harga, banyak yang langsung memborong," tukasnya.

Di Surabaya, jajaran truk New Axor 16T dari Mercedes-Benz dibanderol di kisaran Rp 600 juta hingga Rp 900 jutaan.

Line up model New Axor yang diluncurkan adalah Axor 2528 RMC WB 3,6 6×4 Mixer, Axor 2528 R WB 5,7 6×2 Wingbox, Axor 2528 C WB 4,2 6×4 Dumpbody, Axor 4028 T WB 3,6 4×2 Tractor Headl dan Axor 1623 R WB 6m 6×2.

The New Axor adalah murni produk dari Mercedes-Benzm bukan produk produksi pabrikan lain lalu disatukan menjadi satu kendaraan. Mesin OM 906 LA sudah terbukti bagus karena sudah digunakan di jalanan Indonesia. “ Mesin ini sudah diaplikasikan pada bis Mercedes-Benz di Indonesia dan teruji memiliki lifetime yang panjang serta spare part juga banyak di pasaran,” tambah Maximilian Knorr.

Dengan bahan bakarnya biosolar, menbuat konsumsi bahan bakar Axor cukup murah dan sangat efisien. Mercedes-Benz Indonesia juga memberikan garansi sampai dua tahun atau 200.000 km, serta tentunya pelatihan untuk driver dan mekanik secara gratis. kbc7

Bagikan artikel ini: