Laris manis, Citra Garden naikkan harga klaster baru The Orchard 6 persen

Minggu, 10 September 2017 | 20:26 WIB ET

SIDOARJO, kabarbisnis.com: Menaikkan harga produk menjadi salah satu langkah pengembang properti untuk memberikan jaminan investasi bagi pembeli. Hal itu pula yang dilakukan pengembang perumahan Citra Garden di kota Sidoarjo. Pengembang anak usaha Ciputra Group ini memastikan untuk menaikkan harga jual klaster terbarunya, The Orchard, setelah selama sebulan dikenalkan.

General Manager Citra Garden Sidoarjo, Vica Yustisiana Wirastuti mengatakan, minat masyarakat terhadap klaster baru yang dikembangkannya cukup tinggi. Terbukti, dalam waktu kurang dari sebulan, penjualan unit di klaster The Orchard sudah mencapai 80 persen.

"Kami bersyukur bahwa animo masyarakat cukup tinggi. Dari 80 unit rumah yang kami pasarkan di tahap I, sudah terjual lebih dari 60 unit, sehingga kami optimistis sisa 20 unit akan habis terjual dalam waktu tidak lama," ujarnya di sela open house The Orchard di Citra Garden Sidoarjo, Minggu (10/9/2017).

Klaster The Orchard sendiri dibangun di lahan seluas 7,5 hektare dan rencananya akan dikembangkan sebanyak 350 unit. Namun untuk tahap awal Citra Garden memasarkan sebanyak 80 unit. Ada tiga type yang disiapkan, yaitu Ixora (LB : 69/LT : 90), Raffles (LB : 87/LT : 105), dan Lancaster (LB : 112/ LT : 120).

Harga jual yang ditawarkan mulai Rp 1,3 miliar hingga Rp 2,4 miliar per unit.

Tak heran, dengan harga tersebut perumahan di pusat kota Sidoarjo ini banyak diincar konsumen, mengingat selama ini harga jual dari unit yang ada di atas Rp 2 miliar. "Namun ternyata unit kami yang di harga di atasnya juga ikut terangkat, karena beberapa konsumen juga akhirnya memilih unit di klaster Greenhill yang harganya di atas Rp 3 miliar," kata Vica.

Sebagai komitmen terhadap pembeli, baik end user maupun investor, pihaknya sejak awal memang merencanakan untuk menaikkan secara bertahap harga jual produk tersebut. "Jika saat ini harga sudah mengalami kenaikan 2 persen, tapi pada 11 September 2017 besok harga sudah kami naikkan 6 persen dari harga perdana. Di Citra Garden Sidoarjo sendiri rata-rata kenaikan harga rumah bisa 20 persen per tahun," ungkap Vica.

Direktur PT Ciputra Development Tbk, Edi Mulyono menambahkan, meski saat ini pasar properti dengan harga di bawah Rp 1 miliar masih yang terbesar permintaannya, namun masih ada segmen yang meminati produk di atas Rp 1 miliar.

"Ke depan akan ada masa di mana pasar di segmen harga di atas Rp 1 miliar akan kembali meningkat. Khususnya bagi end user yang memang membutuhkan rumah," jelasnya.

Diakuinya, sebagai developer, ekspansi harus terus dilakukan, selain untuk memberikan pilihan ke konsumen, juga untuk memberikan jaminan nilai investasi kepada pembeli atau penghuni. Edi mengaku optimis klaster baru yang dikembangkan Citra Garden Sidoarjo ini akan mendapat respon positif pasar. Apalagi segmen yang dibidik adalah pasangan muda yang ingin memiliki rumah siap huni, layak dan nyaman.

"Klaster ini merupakan persiapan untuk menyambut proyek frontage road oleh Pemkab Sidoarjo, yang berada di sisi timur tol Sidoarjo. Bila saat ini, kelihatannya berada di belakang komplek Citra Garden, yang masuknya dari Jl Raya Ponti, maka setelah ada frontage road, akan jadi bagian depan," lanjut Edi.

Marketing Manager Citra Garden, Illa Fardha Aulia menambahkan, pihaknya menggandeng dua bank terkemuka, yakni BCA dan Bank Mandiri untuk mendukung kredit pemilikan rumah (KPR). Kedua bank ini menawarkan suku bunga yang kompetitif.

BCA misalnya, menawarkan bunga 5,5% untuk fixed 1 tahun, 7,5% fixed 2-3 tahun, dan bunga 8,5% untuk fixed 4 dan 5 tahun.

Sementara Bank Mandiri memberikan bunga KPR hanya 4% untuk fixed 1 tahun, dan 6,75% untuk fixed 2 tahun, plus bebas biaya provisi serta instan approve untuk pengajuan KPR dengan tenor di atas 8 tahun.

"Selain ada subsidi bunga KPR 2 persen, kami juga membebaskan seluruh biaya KPR dan BPHTB. Ditambah penawaran spesial bagi konsumen, antara lain berupa uang muka hanya 5% yang bisa dicicil mulai Rp 5 jutaan per bulan selama 12 bulan," jelasnya. kbc7

Bagikan artikel ini: