Ingin terus menguasai pasar kamera mirrorless, ini langkah Datascrip

Jum'at, 15 September 2017 | 06:25 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Distributor resmi Kamera Canon di Indonesia, PT Datascrip terus berusaha meningkatkan penguasaanya pasar di segmen kamera mirrorless dengan membidik pangsa pasar hingga 40% pada akhir tahun ini.

Marketing Manager Canon Division PT Datascrip, Angeline Ivone, mengatakan ada beberapa strategi yang akan dilakukan untuk merealisasikan target itu diantaranya dengan penambahan gerai experience center, Canon Image Square.

“Di Canon Image Square, calon konsumen bisa mencoba langsung produk-produk Canon yang ingin dibeli  termasuk jajaran produk kamera kami seperti Camera Mirrorless Canon. Pembukaan gerai Canon Image Square tentunya bisa membantu meyakinkan calon konsumen untuk membeli kamera Canon,” ujarnya di sela pembukaan gerai Canon Image Square kedua di kota Surabaya, Kamis (14/9/2017).

Datascrip saat ini sudah membuka 10 gerai Canon Image Square di seluruh Indonesia. Selain di Surabaya, Canon Image Square juga dibuka di tujuh kota lainnya di Indonesia, yaitu di Jakarta, Bandung, Medan, Makassar, Manado, Malang dan Solo.

Angeline menambahkan, dari 3 segmen produk kamera yang dimiliki Canon, hanya segmen Mirrorless yang penjualannya masih mengalami pertumbuahn tahun ini. Sedangkan dua segmen lainnya yakni kamera Pocket dan DSLR mengalami penurunan penjualan.

“Tahun lalu penjualan kamera Mirrorless kami tumbuh sampai 20% dari tahun sebelumnya, sementara DSLR turun sekitar 10% dan kamera pocket turun sekitar 20%,” ujarnya.

Melonjaknya penjualan kamera mirrorless Canon tidak terlepas dari berubahanya gaya hidup generasi muda millenial yang kini lebih menyukai kamera dengan hasil yang memuaskan namun ringan ketika dibawa bepergian. Kedua opsi tersebut bisa didapatkan dari kamera Mirrorless.

Saat ini canon mempunyai 4 varian produk kamera Mirrorless yakni M10, M6, M5, dan M3 dengan rentang harga jual mulai Rp 3 jutaan hingga Rp 12 jutaan. Untuk terus meningkatkan pangsa pasarnya, canon juga akan terus mengeluarkan produk baru. “Dalam satu tahun biasanya Canon akan mengeluarkan varian produk baru untuk kamera mirrorless. Produk-produk baru bisa menjawab kemauan pasar inilah yang diharapkan bisa turut mendongkrak market share kami di pasar kamera Mirrorless,” imbuh Angeline.

Saat ini menurut Angeline, mengutip data dari GfK, pasar kamera mirrorless di Indonesia bisa mencapai 150 ribu unit pada akhir tahun. Tahun depan, Datascrip menargetkan bisa menguasai pangsa pasar hingga diatas 50% yang menguatkan posisinya sebagai produsen kamera terlaris di Indonesia. Kbc8

Bagikan artikel ini: