Sony kenalkan produk baru TV berlayar OLED, ini keunggulannya

Senin, 18 September 2017 | 06:41 WIB ET

SURABAYA, kabarbisnis.com: Produsen elektronik asal Jepang, Sony, memperkenalkan produk televisi terbarunya yang menyasar segmen premium, Sony Bravia OLED Seri A1. Produk ini merupakan flagship dari televisi Sony di Indonesia yang mempunyai 3 keunggulan utama yakni dari kualitas gambar, kualitas suara, dan desain yang menarik.

President Director Sony Indonesia, Kazuteru Makiyama, mengatakan produk ini adalah salah satu produk revolusioner Sony karena pertama kali mengusung panel layar berteknologi Organic Light Emitting Diode (OLED) untuk produk televisi konsumer.

Sony sendiri merupakan yang pertama kali mengadopsi tekologi OLED untuk panel layar, tepatnya sejak 2007 silam, namun penggunaannya selama ini masih terbatas pada keperluan teknis seperti pengetesan di pabrik. Sedangkan Bravia OLED Seri A1 merupakan produk pertama televisi Sony untuk konsumer yang mengadopsi teknologi layar ini.

“Televisi ini menggabungkan antara kualitas gambar, kualtias suara dan keindahan desain dalam satu produk. Kami yakin produk ini akan diterima masyarakat dan mampu meningkatkan penjualan televisi premium Sony di Indonesia hingga 60%,” ujar Kazuteru di sela pengenalan Sony BRAVIA OLED Seri A1 untuk pasar Surabaya di Hotel Shangri-La Surabaya, Sabtu (16/9/2017). 

Ia menjelaskan, kualitas gambar yang diunggulkan produk ini berasal dari beberapa kombinasi komponen. Selain layar OLED-nya sendiri yang mampu menghasilkan kontras gambar tinggi, Sony juga sudah membenamkan prosessor pengolah gambar 4K HDR Processor X1 Extreme. Prosessor ini diklaim mampu menghasilkan gambar yang sangat hidup dengan tekstur, kedalaman, warna dan kontras yang sangat tinggi.

Di sisi suara, Sony membenamkan teknologi terbaru, Acoustic Surface. Teknologi ini diklaim dapat menghantarkan gelombang suara melalui layar televisi, sehingga seakan-akan menimbulkan efek bahwa suara yang diproduksi berasal dari seluruh penampang layar.

Teknologi ini memanfaatkan aktuator yang diletakkan di belakang penel layar yang berfungsi menghantarkan getaran gelombang suara ke layar. Selain itu, Sony juga membenamkan satu buah subwoofer di belakang layar untuk menghasilkan kualitas suara yang maksimal.

Keunggulan terakhir yang ditonjolkan televisi ini adalah desainnya yang mengadopsi konsep ‘One Slate Concept’. Konsep ini menghilangkan kaki penyangga televisi dan membuat penyangga di bagian belakang.

Selain hardware yang mumpuni, telvisi ini juga sudah mengadopsi sistem operasi Android untuk kemampuan Smart TV. Jadi pengguna bisa langsung mengakses konten-konten dari internet.

Marketing Director Sony Indonesia, Kentaro Hatanaka, menambahkan Sony Bravia OLED Seri A1 diharapkan bisa menjadi pemipin pasar di kategori premium TV. Saat ini penjualan televisi Sony di Indonesia didominasi oleh segmen premium, yang dikelopokkan berdasarkan luas bentang layar diatas 48 inci.

“Penjualan TV Sony di Indonesia sekitar 50%-60% diantaranya dikontribusi dari segmen premium atau 48 inci keatas. Dengan hadirnya Sony Bravia OLED Seri A1 ini diharapkan bisa meningkatkan penjualan segmen prmeium kami,” tuturnya.

Di Indonesia, Sony Bravia OLED Seri A1 ditawarkan dalam 2 varian yakni dengan bentang layar 55 inci yang dibadnerol sekitar Rp 42 juta dan dengan bentang layar 65 inci yang dibanderol Rp 63 jutaan. Kbc8

Bagikan artikel ini: