Diboyong ke Surabaya, mobil balap Rp1 miliar Honda laris manis

Kamis, 21 September 2017 | 11:15 WIB ET
(KB/Purna Budi)
(KB/Purna Budi)

SURABAYA, kabarbisnis.com: Honda Surabaya Center (HSC), main dealer resmi mobil Honda untuk wilayah Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara memboyong mobil balap jalanan, Civic Type R, pada pameran otomotif GIIAS Surabaya Auto Show 2017.

Kehadiran Civic Type R di GIIAS Surabaya Auto Show 2017 merupakan yang kedua setelah sebelumnya generasi ke-5 Civic Type R ini dihadirkan di ajang serupa di Jakarta Agusus lalu. Di Surabaya, Civic Type R ini tidak hanya dipajang namun juga dipasarkan. HSC membanderol mobil berpenggerak roda depan ini di harga Rp 1,003 miliar.

Meski baru diperkenalkan pada hari pertama pameran yang dibuka kemarin, nyatanya mobil balap jalanan Honda ini sudah laris dipesan.

“Animo masyarakat terhadap mobil ini sangat tinggi, meski harganya juga tergolong tidak murah. Kami mendapatkan jatah awal untuk Civic Type R ini sebanyak 5 unit, dan semuanya sudah habis dipesan. Saat ini pun masih ada beberapa konsumen lagi yang berminat namun kami belum bisa menjanjikan karena masih menunggu ketersediaan barang yang paling cepat akan tersedia lagi tahun depan,” ujar Marketing and After Sales Service Director HSC, Wendy Miharja, di sela pembukaan GIIAS Surabaya Auto Show 2017 di Grand City Convex Surabaya, Rabu (20/9/2017).

Honda Civic Type R sendiri memang menarik bagi penyuka mobil-mobil cepat. Dibekali dengan mesin 2.0 liter VTEC Turbo, mobil ini mampu memuntahkan tenaga maksimal hingga 310 PS pada 6.500 rpm dan torsi maksimal 400 Nm pada 2.500 - 4.500 rpm. Tenaga berlimpah ini disalurkan melalui transmisi manual 6 percepatan yang telah disempurnakan oleh rev match system sehingga memungkinkan mobil mempertahankan tenaga maksimumnya saat perpindahan gigi.

Civic Type R juga dilengkapi sasis, suspensi, dan kemudi yang lebih responsif dan juga stabilitas kecepatan tinggi yang telah ditingkatkan. Di bagian depan, Honda Civic Type R dilengkapi suspensi MacPherson Strut yang meminimalkan torsi pada setir dan memaksimalkan handling. Sementara di bagian belakang, multi-link suspension membantu Honda Civic Type R memperbaiki kestabilan saat mengerem serta mengurangi perpindahan body saat tikungan.

Untuk menyesuaikan kebutuhan berkendara,  Civic Type R juga dilengkapi dengan tiga mode mengemudi, yaitu Comfort untuk sensasi berkendara harian di dalam kota, Sport untuk sensasi berkendara yang lebih sporty, dan +R untuk sensasi berkendara mobil balap di sirkuit.

Di sisi eksterior, Honda Civic Type R dilengkapi dengan Underbody Spoiler Kit, Type R Emblem dan Aluminium Hood untuk menambah dan mengatur asupan aliran udara di dalam ruang mesin. Front grille agresif yang merupakan ciri khas dari Honda, dilengkapi dengan full LED headlights dan LED fog light.

Sementara tampilan samping Honda Civic Type R ditandai dengan Vented Front Fender, Side Sill Flick Up dan Alloy Wheel 20”. Di bagian belakang ada Rear Wing Spoiler dan Voltex Generator membuat Honda Civic Type R tampil sporty. Type R Triple Exhaust with Finisher membuat tampilan Honda Civic Type R menjadi sebuah sports car.

Honda Civic Type R tersedia dalam 6 pilihan wama yakni Rallye Red, Brilliant Sporty Blue Metallic, Championship White dan Sonic Gray Pearl serta Crystal Black Pearl dan Polished Metal Metallic tersedia di tahun 2018. kbc8

Bagikan artikel ini: