Dua gol Zico antarkan Indonesia raih tiket Piala Asia U-16

Jum'at, 22 September 2017 | 19:23 WIB ET

BANGKOK, kabarbisnis.com: Timnas Indonesia memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-16 yang berlangsung pada 2018. Itu setelah mereka membungkam Laos dengan skor 3-0, di Stadion Rajamangala, Bangkok, Jumat (22/9/2017) petang.

Dengan kemenangan ini, Indonesia lolos sebagai juara grup G dengan nilai sempurna 12. Itu lantaran di tiga laga sebelumnya mereka juga berhasil menang atas Kepulauan Mariana Utara (18-0), Timor Leste (3-1), dan Thailand (1-0).

Sedangkan Laos masih punya peluang untuk lolos lewat jalur runner-up terbaik. Itu jika mereka berhasil menang atas Thailand di laga pemungkas, 24 September nanti.

Sementara itu, kedua tim memeragakan permainan terbuka sejak menit awal pertandingan. Indonesia yang ingin membalas kekalahan di Piala AFF U-15 2017 lalu, terus mencoba memberikan tekanan lebih intensif.

Serangan dari segala lini dilancarkan Andre Oktaviansyah dan kawan-kawan. Ancaman diberikan melalui tendangan bebas Yudha Febrian, namun bola masih melambung di atas gawang Laos.

Hingga akhirnya, Sutan Diego Armando Zico berhasil memecah kebuntuan Indonesia pada menit ke-26, setelah berhasil memanfaatkan bola muntah di depan gawang Laos. Skor pun berubah 1-0, untuk keunggulan Indonesia.

Tertinggal satu gol membuat Laos mencoba meningkatkan intensitas serangan mereka. Namun upaya mereka mampu diredam oleh skuat asuhan Fakhri Husaini. Hingga turun minum, belum ada gol lagi yang tercipta.

Memasuki babak kedua, Laos mencoba mengambil inisiatif serangan. Tapi serangan yang mereka lakukan masih bisa diantisipasi dengan baik oleh lini pertahanan Indonesia.

Indonesia akhirnya mampu menggandakan kedudukan menjadi 2-0 pada menit ke-59. Kembali, Sutan Zico yang berhasil membobol gawang Laos lewat sepakan kaki kirinya, setelah menerima umpan silang dari rekannya di sisi kiri.

Laos yang semakin tertinggal, masih belum menyerah. Mereka terus berupaya memberikan ancaman ke lini pertahanan tim Garuda Asia. Salah satunya melalui sepakan Phoutthalak Thongsanith dari luar kotak penalti. Namun bola hasil tendangannya masih belum tepat sasaran.

Di sisa waktu yang ada, kedua tim terus melakukan jual-beli serangan. Namun Indonesia yang kembali berhasil mencetak gol lewat tendangan penalti Rendy Juliansyah pada masa injury time babak kedua. Skor 3-0, bertahan hingga pertandingan berakhir. kbc10

Bagikan artikel ini: