Enam bulan, TKI kirim duit sebanyak Rp57,6 triliun ke Indonesia

Senin, 2 Oktober 2017 | 01:10 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Kiriman uang (remitansi) tenaga kerja Indonesia (TKI) tercatat mencapai Rp 57,61 triliun sepanjang Januari sampai Juni 2017. Sementara dalam bentuk kurs dolar, pada periode Juni 2017 ini jumlah remitansi yang masuk ke Indonesia US$ 4,3 miliar.

"Remitansi sebanyak ini didasarkan pada laporan Bank Indonesia tentang uang yang dikirim oleh para TKI. Uang dikirim melalui jasa perbankan atau yang tercatat di perbankan," ujar Kepala Bagian Humas Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), Servulus Bobo Riti, dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (29/9/2017).

Menurut Servulus, karena berdasarkan laporan BI, data tersebut resmi. Jumlah tersebut belum terhitung pola tradisional yang masih berlaku yaitu uang yang dibawa langsung oleh TKI atau uang yang dititipkan oleh TKI kepada keluarga melalui TKI yang pulang ke daerah asal mereka.

Belum semua TKI mengenal mekanisme pengiriman uang dengan menggunakan jasa perbankan. Masih banyak TKI yang ditengarai mengirimkan uang menggunakan jasa non perbankan seperti titip temannya yang pulang ke Indonesia. Berkaitan hal ini, BNP2TKI selalu mensosialisasikan kepada calon TKI agar memanfaatkan jasa perbankan dalam pengiriman uangnya.

Jika dibandingkan pada periode yang sama yakni Juni 2016, jumlah remitansi yang mengalir ke seluruh pelosok Indonesia, terutama di daerah-daerah sumber TKI, mengalami penurunan Rp 4,3 triliun.

Penurunan ini terjadi antara lain disebabkan karena kebijakan pemerintah yang memprioritaskan penempatan TKI formal,                                                                                                     jumlah penempatan TKI ke luar negeri yang mengalami penurunan pada periode yang sama antara 2016 dan 2017, dan dampak nyata dari kebijakan penutupan penempatan TKI informal ke negara kawasan Timur Tengah. Selain itu faktor terbatasnya peluang kerja bagi tenaga kerja asing di beberapa negara penempatan TKI karena keadaan ekonomi yang fluktuatif.

Dari sisi kawasan yang terbanyak mengirimkan uang berasal dari negara kawasan Asia, yakni Malaysia US$ 1,2 miliar, Australia dan Selandia Baru yakni US$ 2,58 miliar. Disusul kawasan Timur Tengah termasuk Afrika US$ 1,61 miliar, dan kawasan Amerika serta Eropa masing-masing US$ 94,7 juta dan US$ 34,41 juta.

Mengenai pengenalan pemanfaatan jasa perbankan, BNP2TKI sudah bekerja sama dengan perbankan untuk mensosialisasikan cara pengiriman uangnya ke kampung halamannya. Para calon TKI yang akan bekerja ke luar negeri termasuk keluarganya dibekali pengetahuan perbankan.

"Edukasi untuk pengetahuan penggunaan jasa perbankan dan pemanfaatan remitansi oleh TKI atau keluarganya, dilaksanakan sebagai salah satu tugas BNP2TKI dalam mengedukasi para calon TKI, TKI aktif maupun TKI purna. BNP2TKI telah banyak bekerja sama dengan dunia perbankan untuk edukasi remitan," ucap dia. kbc10

Bagikan artikel ini: