Menko Luhut minta revisi aturan angkutan online ditelaah ulang

Selasa, 10 Oktober 2017 | 06:08 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko Maritim), Luhut Binsar Pandjaitan, menilai, revisi aturan angkutan sewa khusus (online) perlu dikaji lebih lanjut. Aturan yang penting untuk ditelaah lagi adalah soal tarif batas atas dan bawah serta kuota.

"Hal tersebut agar revisi yang dimaksud dapat selaras dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," ungkap Luhut setelah memimpin rapat koordinasi tentang revisi aturan angkutan online di Jakarta, Senin (9/10).

Seperti diketahui, angkutan online diatur dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 26/2017 tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaran Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Namun, 14 pasal dan 18 poin dalam beleid itu dibatalkan Mahkamah Agung (MA), sehingga Kemenhub perlu mengubah hal-hal yang dibatalkan.

"Semua harus mengacu pada peraturan perundang-undangan. Sekarang tim bekerja lagi mengharmonisasi semua, misalnya harga atas harga bawah, kemudian kuota, dan sebagainya," jelasnya.

Luhut mengharapkan, tim revisi aturan angkutan daring bekerja optimal, dan hasilnya dapat dilaporkan kepada dirinya pada 17 Oktober 2017.

"Ini dibicarakan baik-baik, bertentangan enggak dengan peraturan perundangan-undangan yang ada. Kita gak boleh dong orang investasi dari luar lantas serta merta kita kacaukan semua. Itu enggak boleh. Jadi harus mengacu pada aturan," terang dia. kbc9

Bagikan artikel ini: