Buku diprediksi bakal tergantikan laptop

Rabu, 11 Oktober 2017 | 15:20 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Anak sekolah pada era 1990-an mungkin masih awam dengan yang namanya laptop. Bahkan bisa dibilang, laptop pada masa itu adalah barang yang mahal dan hanya digunakan oleh kalangan pebisnis.

Namun seiring perkembangan teknologi, peran buku cetak diprediksi akan mulai tergantikan oleh laptop. Bahkan, 75 persen guru modern sekarang percaya konten pembelajaran digital dalam laptop bisa menggantikan buku cetak secara utuh dalam sepuluh tahun lagi.

81 persen guru juga percaya, pemanfaatan teknologi di sekolah bisa membawa perubahan positif pada pembelajaran.

Menyambut perubahan digital, Acer bekerja sama dengan Intel dan Google for Education untuk memboyong seri Chromebook-nya ke sektor pendidikan.

Presiden Direktur Acer Indonesia Herbet Ang, metode yang disebut ‘blended learning’ memungkinkan terjadinya proses pembelajaran siswa yang dinamis. Jadi, mereka tak perlu lagi repot dibatasi waktu dan tempat saat belajar.

“Dulu kan siswa-siswa kalau bawa buku bisa banyak, ada yang satu tas isinya sepuluh buku. Sekarang dengan satu Chromebook bisa muat 100 buku,” ujar Herbet di Jakarta, Selasa (10/10/2017).

Dalam hal ini, ada beberapa sekolah yang beruntung mendapatkan perangkat Chromebook seri CB3, dan salah satu yang menerima tawaran solusi pembelajaran digital ini adalah sekolah IPEKA, atau IPEKA Integrated Christian School (IICS).

Dengan menggunakan Chromebook, IICS menerapkan konsep belajar digital dan mobile yang lebih mudah dan tak perlu lagi membutuhkan buku cetak sebagai media pembelajaran utama. kbc10

Bagikan artikel ini: