Jenderal Gatot ditolak masuk AS, Dubes akhirnya minta maaf

Senin, 23 Oktober 2017 | 08:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnios.com: Dubes Amerika Serikat (AS) Joseph Donovan Jr telah meminta maaf kepada Menteri Luar Negeri Retno Marsudi atas ketidaknyamanan yang dialami Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. Panglima Gatot dilarang terbang ke AS, padahal yang bersangkutan sudah berada di bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (21/10).

Dalam keterangan tertulis, disebutkan Kepala Staf Gabungan Angkatan Bersenjata AS Jenderal Joseph Dunford mengundang Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo untuk menghadiri "Chiefs of Defense Conference on Countering Violent Extremism" di Washington, DC, 23-24 Oktober 2017. Namun, pihak AS mengklaim, Jenderal Gatot tidak dapat melakukan perjalanan sesuai rencana.

Atas kejadian tersebut, Kedutaan Besar AS terus berkomunikasi dengan staf Panglima TNI sepanjang akhir pekan dan berusaha untuk memfasilitasi perjalanan Gatot ke AS.

Kedubes AS telah siap untuk memfasilitasi perjalanan Panglima TNI ke AS. "Kami tetap menjaga komitmen kami untuk kemitraan strategis dengan Indonesia sebagai cara untuk memberikan keamanan dan kemakmuran bagi bangsa maupun masyarakat di kedua negara." kbc9

Bagikan artikel ini: