Di tengah pro-kontra penurunan daya beli, ini kinerja Matahari

Rabu, 1 November 2017 | 13:37 WIB ET

Jakarta, kabarbisnis.com - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) membukukan penjualan kotor selama kuartal ketiga tahun ini sebesar Rp 13,2 triliun. Jumlah itu sama seperti yang dicapai pada periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari keterangan tertulis, perseroan membukukan pendapatan bersih yang stabil sebesar Rp 7,5 triliun. Same store sales growth (SSSG) menurun 2,7 persen, terutama akibat melemahnya daya beli konsumen. Laba bersih untuk kuartal ketiga 2017 tercatat sebesar Rp 1,5 triliun, ekuivalen 11,4 persen dari penjualan.

Saat ini Matahari memiliki 154 gerai di 71 kota di Indonesia, termasuk 5 gerai baru yang dibuka sampai September 2017, yaitu di Tegal (Jawa Tengah), Madiun dan Jember (Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), dan Cirebon (Jawa Barat).

“Kami berencana untuk membuka 1-3 gerai baru lagi sampai dengan akhir tahun ini,” ujar CEO dan Vice President Director Matahari Department Store, Richard Gibson. 

“Rencana strategis kami adalah berfokus memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pelanggan setia kami, serta menarik pelanggan yang baru. Saat ini kami sedang berada pada tahapan evolusi penting, di mana kami akan memperkenalkan berbagai cara inovatif untuk semakin meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan kami, baik melalui peningkatan pada gerai dan juga pada produk yang ditawarkan,” tambahnya.

Salah satu contoh adalah strategi kemitraan dengan Disney yang memungkinkan perseroan menghadirkan produk-produk yang menarik dan eksklusif, serta menampilkannya dengan cara yang berbeda, sehingga dapat memberikan pengalaman belanja yang lebih menarik.

Matahari Department Store adalah department store pertama dan terbesar di Indonesia yang saat ini mengoperasikan 154 gerai dengan luas ruang usaha lebih dari satu juta meter persegi. Perseroan juga menawarkan merchandise-nya secara online melalui MatahariStore.com.

Dengan perjalanan usaha yang telah dibangun selama 59 tahun, Matahari menyediakan fashion trend terkini untuk kategori pakaian dan mode, serta produk-produk kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya yang ditampilkan dalam gerai modern dan lengkap bagi kalangan menengah Indonesia.

Saat ini Matahari mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan. Selain itu juga menjalin kemitraan dengan 850 pemasok lokal serta pemasok internasional. kbc2

Bagikan artikel ini: