Dukung rute ke destinasi wisata RI, Batik Air borong 11 pesawat di 2018

Rabu, 1 November 2017 | 14:48 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Maskapai penerbangan Batik Air berencana mendatangkan 11 unit pesawat baru pada tahun depan. Pesawat untuk operator penerbangan yang bernaung di bawah Lion Air Group itu terbagi atas delapan unit pesawat Airbus A320 dan tiga Boeing B737 Max 8.

Direktur Utama Batik Air Achmad Lutfhi mengharapkan, dengan kekuatan armada baru yang terus bertambah akan memberikan pelayanan lebih terhadap para pelanggan setia maskapai pimpinannya. Dengan tambahan 11 pesawat, armada Batik Air akan menjadi 62 pesawat.

"Tahun depan, akan datang lagi delapan unit pesawat jenis Airbus 320 dari total pesanan Airbus sebanyak 234 unit. Tidak hanya itu, Batik Air juga direncanakan akan menambah armada dengan tipe lainnya yaitu Boeing 737 MAX 8 sebanyak tiga unit," terang Luthfi dalam siaran pers, Selasa (31/10/2017).

Selain itu, Luthfi menambahkan, pesawat ke-51 Batik Air jenis Airbus 320 juga sudah bertolak dari pabrikan Airbus di Kota Toulouse, Prancis, pada Selasa (31/10). Pesawat dengan registrasi PK-LUY diterbangkan oleh pilot Surjo Djoko dan first officer (FO) Aditya Mulyawan pukul 11.00 waktu Toulouse tanpa penumpang.

Pesawat ini tiba di Indonesia melalui Bandara Internasional Soekarno Hatta, Jakarta pada Rabu (1/11) hari ini. Dengan begitu, Luthfi mengatakan, pabrikan Airbus di Toulouse, Prancis sudah menyelesaikan seluruh pengiriman pesawat baru pada tahun 2017 ini.

Menurut Luthfi, pesawat anyar akan digunakan untuk membuka rute baru penerbangan domestik Batik Air dalam mendukung pengembangan 10 destinasi wisata nasional. "Kami siagakan pesawat ini untuk rute baru Batik Air,” ujar Luthfi.

Dia menambahkan, Batik Air sudah mengajukan dua rute penerbangan untuk mendukung pengembangan 10 destinasi wisata nasional kepada Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dua rute itu adalah Jakarta-Silangit (Danau Toba) dan Jakarta-Labuan Bajo.

Untuk diketahui, saat ini Batik Air telah terbang ke lebih dari 40 destinasi domestik di Indonesia maupun internasional menuju Singapura, Malaysia, Australia, India, dan penerbangan carter ke Tiongkok. Frekuensi mencapai rata-rata 280 penerbangan perhari.

Total armada Batik Air sekarang ini berjumlah 51 unit yang terbagi atas 37 unit Airbus A320 CEO, delapan unit Boeing 737-800, dan enam unit Boeing 737-900. kbc10

Bagikan artikel ini: