Matahari raup laba Rp1,5 triliun hingga kuartal III

Kamis, 2 November 2017 | 08:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Di tengah lesunya penjualan ritel di Tanah Air, PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) masih menunjukkan kinerja positif. Perseroan mencatat laba bersih untuk kuartal III 2017 sebesar sebesar Rp 1,5 triliun, ekuivalen 11,4 persen dari penjualan. Pendapatan bersih perseroan tercatat stabil sebesar Rp 7,5 triliun.

CEO dan Vice President Director Matahari, Richard Gibson, mengatakan penjualan kotor sebesar Rp 13,2 triliun, bertahan di level yang sama seperti tahun lalu. Same store sales growth menurun 2,7 persen.

"Terutama akibat dari pelemahan daya beli konsumen yang terjadi," ujarnya melalui siaran persnya, Rabu (1/11/2017).

Guna mendongkrak penjualan, lanjutnya, perseroan berencana untuk membuka 1-3 gerai baru lagi sampai dengan akhir tahun ini. Saat ini Matahari memiliki 154 gerai di 71 kota di Indonesia, termasuk 5 gerai baru yang dibuka sampai dengan bulan September 2017, yaitu di Tegal (Jawa Tengah), Madiun, Jember (keduanya di Jawa Timur), Medan (Sumatera Utara), dan Cirebon (Jawa Barat).

"Kami akan memperkenalkan berbagai cara inovatif baik melalui peningkatan pada gerai dan juga pada produk merchandise yang ditawarkan. Salah satu contohnya adalah strategi kemitraan kami dengan Disney."

Matahari saat ini telah mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan ber-partner dengan 850 pemasok lokal serta internasional. Matahari mengoperasikan 154 gerai dengan luas ruang usaha lebih dari satu juta meter persegi yang tersebar di 71 kota di seluruh Indonesia dan juga menawarkan merchandise nya secara online melalui MatahariStore.com. kbc10

Bagikan artikel ini: