Layani UKM di daerah, industri perbankan mulai kembangkan teknologi QR Code

Senin, 6 November 2017 | 08:26 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Industri perbankan mengembangkan teknologi quick respons (QR) sebagai solusi transaksi tanpa menggunakan mesin electronic data capture (EDC).

Salah satunya lembaga keuangan yang mengembangkan teknologi tersebut adalah Mastercard Indonesia. Perusahaan ini telah membuat sistem transaksi baru dengan menggunakan QR code dengan nama QR Payment.

Saat ini, Mastercard sedang memperkenalkan teknologi tersebut. "QR Payment ini untuk industri UKM di daerah yang kurang terjangkau dari mesin EDC," kata Direktur Mastercard Indonesia Tommy Singgih, baru-baru ini.

Menurut Tommy, QR Payment ini bukan untuk menggantikan EDC. Tapi, untuk memfasilitasi transaksi pembayaran non tunai di daerah yang minim EDC.

Di sini, Mastercard Indonesia menjadi fasilitator QR Payment bagi perbankan. "Rencananya, akan ada satu bank yang menggunakan jasa QR Payment dari Mastercard," tambahnya.

Bank tersebut akan meluncurkan QR code ini pada kuartal I-2018.

Sekadar diketahui, setidaknya ada tiga bank akan memberikan layanan pembayaran QR code. Yakni, PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN), PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Bank Mandiri Tbk.

Direktur Utama BTN Maryono mengatakan, pihaknya berencana mengeluarkan sistem pembayaran menggunakan QR code bernama QR Pay pada kuartal IV-2017. Saat ini, BTN sedang mengajukan lisensi ke Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

BTN memiliki target awal transaksi QR Pay ini sebesar 170.000 transaksi dengan nominal Rp 85 miliar untuk tahun pertama.

Sementara itu, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menuturkan, BCA tengah menggodok layanan pembayaran berbasis QR code. Rencananya, produk berbasis teknologi ini akan diluncurkan oleh BCA tahun 2018 mendatang.

Ke depan, BCA ingin tidak ada lagi pembayaran menggunakan EDC. Semua beralih menggunakan QR code dari gadget sehingga tidak perlu pakai kartu.

Untuk mendorong transaksi non tunai, Bank Mandiri pun akan meluncurkan layanan transaksi pembayaran menggunakan teknologi QR code. kbc10

Bagikan artikel ini: