Blue Bird Jalan-Jalan, strategi BIRD kedukung objek wisata Indonesia

Senin, 27 November 2017 | 09:04 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Blue Bird Tbk mulai masuk ke sektor pariwisata sebagai salah satu strategi untuk meningkatkan pendapatan melalui program Big Bird Jalan-Jalan.

Melalui program Big Bird Jalan-Jalan, perusahaan berkode saham BIRD ini menawarkan paket wisata ke beberapa daerah di sekitar Jakarta, Bandung, hingga Yogyakarta. Tak hanya itu, perusahaan juga mengoperasikan Jakarta Airport Connetion yang berfungsi sebagai shuttle airport.

Head of Investor Relation BIRD, Michael Tene mengatakan, sejatinya program ini sudah dimulai sejak November tahun lalu. Dengan begitu, program Big Bird Jalan-Jalan sudah berjalan sekitar 1 tahun. Program ini juga ditujukan untuk mendukung sektor pariwisata di Tanah Air.

Michael bilang, dalam mengembangkan program ini, dana investasi yang dibutuhkan tidak terlalu besar. Sayang, dia enggan membeberkan nominal secara pasti. "Tidak besar karena ini masih pilot project dan kita menggunakan armada Big Bird yang ada sekarang sehingga tidak ada capex untuk membeli bus baru," ujarnya saat dihubungi Kontan.co.id beberapa waktu lalu

Melalui program tersebut, lanjut Michael, utilisasi Big Bird pun meningkat saat akhir pekan maupun hari kerja. Adapun tingkat utilitas Big Bird saat ini mencapai lebih dari 70%. Sampai dengan September kemarin, total armada Big Bird sudah mencapai 518 unit.

Meski sudah berjalan selama satu tahun, kata Michael, kontribusi pendapatan dari program ini belum terlalu signifikan karena masih pilot project. "ini adalah bagian dari strategi kami mencari kesempatan bisnis yang baru," imbuhnya.

Michael juga mengklaim, meski pendapatan belum signifikan, pertumbuhan dari bisnis ini cukup baik. Michael pun enggan membeberkan berapa target pendapatan yang dibidik program ini dengan dalih masih pilot project.

Sebagai gambaran, program Big Bird Jalan-Jalan mengakomodir beberapa destinasi pariwisata dengan sistem paket.

Mengutip media sosial Bluebird @bluebirdgroup, program Big Bird Jalan-Jalan setiap weekend melayani tujuan wisata ke Yogyakarta, Cirebon, Bidadari Island, Jungleland, dan Bandung dengan nilai paket yang berbeda.

Misalnya, paket wisata Yogyakarta untuk Adventure dibanderol Rp 890.000 per pax. Adapun destinasi ke Cirebon dibanderol Rp 295.000 per pax dan sebagainya. kbc10

Bagikan artikel ini: