Citi Foundation siap beri mentoring untuk pebisnis mikro

Kamis, 30 November 2017 | 20:43 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Setelah menggelar Road to CMA 2017-2018 di Yogyakarta, kali ini Citi Foundation yang bermitra dengan Mercy Corps Indonesia menggelar acara serupa di Kota Makassar yang bertujuan untuk menjaring peserta di kota tersebut. CMA adalah acara penghargaan bagi pengusaha mikro berprestasi di seluruh Indonesia.

Indonesia Agriculture and Financial Services Program Director, Mercy Corps Indonesia, Andi Ikhwan mengatakan, acara Ini adalah kerja sama Mercy Corps Indonesia dengan citi foundation untuk memberikan apresiasi kepada pengusaha mikro yang sebetulnya merupakan tulang punggung dari ekonomi Indonesia.

"Ini adalah acara kedua yang sebelumnya kita selenggarakan di Yogyakarta untuk menarik partisipasi pengusaha mikro karena tahan ini kita membuka kesempatan kurang lebih 800 peserta di seluruh RI untuk siap berkompetisi di dalam program CMA,” ujar Andi Ikhwan di Hotel Four Point, Makassar, Kamis (30/11/2017).

Andi menjelaskan ada banyak kompetisi seperti CMA di Indonesia namun ada beberapa hal yang membedakan antara CMA dengan kompetisi lain seperti persyaratan peserta harus menjalankan usahanya minimal dua tahun dan telah terdaftar di Lembaga Keuangan Mikro.

Program ini akan memberikan mentoring kepada pemenang jadi akan ada lima pemenang di lima kategori dan kemudian mereka mendapatkan mentoring dari ahli di bidangnya yang sesuai dengan kebutuhannya.

"Jadi misalnya tahun lalu ada yang butuh supaya produknya punya hak paten jadi kita berikan mentoring soal paten. Lalu ada yang tanya mengenai pengemasan supaya beras organik mereka bisa diterima oleh pasar jadi kita berikan mereka bagaimana membuat kemasan untuk organik. Ada juga yang ingin tahu bagaimana mengembangkan pasar supaya produknya bisa dikenal luas maka mereka diberikan mentoring mengenai pasar,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama Country Head of Corporate Affairs Citi Indonesia Elvera N Makki mengatakan pentingnya sektor usaha mikro dalam perekonomian Indonesia. Menurutnya, selain memberikan kontribusi yang positif bagi pembangunan ekonomi nasional, sektor usaha mikro mampu menyerap tenaga kerja.

Bahkan untuk ke depannya, lanjut Elvera, Citi Foundation akan fokus kepada pengembangan pengusaha muda. Dia menjelaskan ada beberapa program CSR dari Citi Foundation yang memang fokus kepada anak muda.

“Untuk ke depan kita ingin fokus kepada anak muda. Dari enam program CSR Citi Indonesia ada yang fokus kepada anak muda karena fokus kami dari dulu 70 persen ke anak muda. Jadi kita memberikan kesempatan ekonomi bagi anak muda supaya mereka tidak menjadi pengusaha andal,” pungkasnya. kbc10

Bagikan artikel ini: