Gencar ekspansi, KTM berambisi punya 60 diler di akhir 2018

Senin, 4 Desember 2017 | 22:38 WIB ET

SEMARANG, kabarbisnis.com: Terus meningkatnya penjualan motor sport di Tanah Air mendasari agen pemegang merek KTM di Indonesia PT Penta Jaya Laju Motor untuk terus memperluas jaringan penjualan dan layanan purna jualnya di Tanah Air. Kali ini, KTM membuka diler terbarunya di Semarang, Jawa Tengah.

Diler ini adalah yang ke-16 di Indonesia setelah sebelumnya telah hadir di beberapa kota di Tanah Air.

"Sekarang ini, sudah dealer yang ke-16 di Semarang, menyusul 15 dealer resmi yang sudah ada di berbagai kota," kata Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor, Kristianto Gumadi di sela pembukaan diler KTM di Semarang, akhir pekan lalu.

Selain Semarang, pihaknya telah menyiapkan setidaknya 7 diler lagi yang siap beroperasional di awal 2018 untuk memperluas segmen pasar, yakni KTM Denpasar, Bogor, Lampung, Solo, Yogyakarta, Sidoarjo, dan Medan. Pihaknya menargetkan hingg akhir tahun 2018 sudah memiliki 60 diler yang tersebar di sejumlah kota di Indonesia.

"Untuk Semarang, kami menargetkan setidaknya 50 unit sepeda motor KTM berbagai tipe akan terjual pascadealer ini diresmikan. Pasar motor sport sekarang kan paling disukai sekarang," katanya.

Pabrikan sepeda motor, diakuinya, terus berlomba menciptakan produk-produk kreatif dan inovatif sehingga konsumen makin dimanjakan dengan keluarnya berbagai produk baru, khususnya motor sport.

Pasar motor sport di Indonesia, kata dia, selama 7 tahun terakhir terus meningkat, bukan hanya dari sisi volume, melainkan juga pengembangan model dan teknologi yang kian pesat.

"Secara umum, ada tiga faktor yang memengaruhi pilihan konsumen, yakni desain, `price`, dan `brand`. Kini, KTM memiliki ketiga keunggulan itu sehingga kami optimistis terhadap pasar," katanya.

Apalagi, kata dia, KTM yang selama ini sudah teruji sebagai brand maupun modelnya sehingga akan disukai konsumen, ditambah dengan layanan penjualan dan bengkel yang sudah menyatu.

"`Sparepart sudah kami siapkan. Jadi, konsumen tidak perlu khawatir. Seluruh showroom mengikuti standar CI KTM dengan fasilitas 3 S (sales, sparepart, and service)," tegasnya.

Ia menyebutkan ada beragam tipe yang ditawarkan, seperti KTM Dukes (naked streetfighters) dengan kapasitas 200 cc, 250 cc, dan 390 cc, kemudian KTM RC (supersport racers) 200 cc, 250 cc, dan 390 cc," katanya.

Mengenai harga, kata dia, bervariasi, mulai KTM Duke seharga Rp36,8 juta (200 cc) hingga Rp101,3 juta (390 cc), serta KTM RC mulai Rp41,9 juta (200 cc) hingga Rp106,3 cc (390 cc).

Untuk meningkatkan penjualan, Kristianto mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan beberapa langkah, termasuk membuat "event" menggandeng berbagai komunitas, khususnya mengadakan kegiatan "touring".

"Kami optimistis bisa meraih `marketshare` sekitar 10 persen dari pasar motorsport di Indonesia. Apalagi, didukung dengan hadirnya dealer-dealer yang tersebar di berbagai wilayah," katanya. kbc10

Bagikan artikel ini: