Dibangun, pabrik truk dan bus Hyundai di Indonesia berkapasitas 2000 unit

Rabu, 13 Desember 2017 | 16:18 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Hyundai Motor Company (HMC) menandatangani perjanjian kerja sama dengan PT Artha Mobil Indonesia (AMI) untuk membangun pabrik otomotif bidang commercial vehicle trucks & bus di Tanah Air.

Penandatangan dilakukan oleh Iki Wibowo, President Director PT AMI dan Lee In Cheol, Vice President Hyundai Motor Company) di Wisma KBRI Seoul, Korea Selatan, Selasa (12/12/2017).

Iki Wibowo mengatakan, dari kerja sama tersebut akan dilahirkan produk tipe Truk Xcient dan Mighty dengan kapasitas 2.000 unit per tahun pada tahap awal.

Pabrik Hyundai dan PT AMI itu akan dibangun di kawasan Artha Industrial Hill (AIH), Karawang, Jawa Barat. Fasilitas yang dibangun berupa gedung perakitan kendaraan (assembly vehicle), quality control dan lintasan pengujian (fast track).

AIH dipilih dikarenakan letaknya yang strategis dan memiliki fasilitas dan infrastruktur yang baik.

Dia menambahkan kerja sama ini sangat penting bagi Indonesia karena HMC merupakan salah satu industri otomotif terbesar ke-5 di dunia. Pada tahap awal, industri ini akan menyerap 500 tenaga kerja.

"Dengan kerja sama ini di harapkan dapat meningkatkan pertumbuhan industri otomotif di Indonesia dan makin mempererat kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan Pemerintah Korea Selatan khususnya di bidang ekonomi," paparnya. kbc10

Bagikan artikel ini: