Menteri Rini bakal lebur anak usaha BUMN sektor logistik

Rabu, 27 Desember 2017 | 15:49 WIB ET

TOBASA, kabarbisnis.com: Menteri Badan Usaha Milik Negara ( BUMN) Rini Soemarno mengatakan bakal merampingkan anak usaha BUMN yang bergerak di sektor logistik dengan cara menggabungkannya jadi satu entitas.

"Melihat apa yang selalu ditekankan Bapak Presiden Joko Widodo, BUMN ini banyak sekali anak cucunya. Banyak anak cucu ini yang mempunyai aktivitas yang mirip satu sama lain. Paling kelihatan itu logistik," ujarnya saat ditemui usai Rapat Koordinasi BUMN di Tobasa, Sumatera Utara, beberapa waktu lalu.

Saat ini ada sejumlah BUMN yang anak usahanya bergerak di sektor logistik. Beberapa di antaranya, menurut Rini, adalah PT Angkasa Pura I (Persero), PT Angkasa Pura II (Persero), Perum Badan Urusan Logistik (BULOG), dan PT Kereta Api Indonesia (Persero). Selain itu, ada juga PT Pos Indonesia yang memang merupakan BUMN di sekor logistik.

Usaha-usaha yang bergerak di sektor logistik itu jadi bersaing satu sama lain di lapangan. Padahal, seluruhnya merupakan perusahaan yang dipegang oleh pemerintah guna menggerakkan perekonomian negara.

"Nah, apakah ini kemudian kami jadikan satu, merger seperti sekarang yang kita lakukan untuk PT Jasa Armada Indonesia," terang Rini.

Dia menjelaskan bahwa Jasa Armada bergerak di sektor jasa kapal tunda atau pemandu kapal masuk ke pelabuhan. Sebelumnya, Pelindo I hingga IV, masing-masing memiliki anak usaha yang bergerak di bidang jasa tunda. Namun sekarang semua anak usaha itu disatukan menjadi Jasa Armada.

Untuk diketahui, Jasa Armada sendiri resmi melantai di Bursa Efek Indonesia melalui penawaran umum perdanan pada Jumat (22/12/2017). Emiten berkode IPCM ini melepas saham sebanyak-banyaknya Rp 1,215 miliar. kbc10

Bagikan artikel ini: