BNI tampung pembayaran ujian masuk kampus Islam negeri

Rabu, 31 Januari 2018 | 15:22 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali terpilih sebagai bank mitra bekerjasama dengan panitia Seleksi Prestasi Akademik Nasional - Ujian Masuk - Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri SPAN-UM PTKIN untuk pembayaran pendaftaran Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM PTKIN) 2018.

Mulai tahun ini, calon peserta UM PTKIN 2018 dimudahkan melakukan pembayaran melalui BNI untuk biaya pendaftaran pada proses pendaftaran online-nya, mulai 10 April 2018 hingga 10 Mei 2018.  Pembayaran tersebut dapat dilakukan secara tunai melalui teller di lebih dari 1.800 outlet BNI, menggunakan BNI ATM, SMS Banking dan melalui fasilitas Keagenan serta melalui layanan e-Collection untuk pembayaran dari bank lain.

Bersama dengan penetapan itu, dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Ketua Umum SPAN-UM PTKIN Prof. Dr. H. Musafir, M.Si. dengan Pemimpin Divisi Hubungan Kelembagaan, Shadiq Akasya di Kementerian Agama Republik Indonesia, di Jakarta.

Shadiq Akasya mengungkapkan, tahun ini BNI akan melayani pembayaran pendaftaran UM PTKIN. Target BNI adalah melayani sekitar 170 ribu transaksi biaya pendaftaran dari calon peserta UM PTKIN 2018 seperti yang telah ditargetkan oleh Ketua Panitia Pelaksana.

“Tahun ini target BNI adalah melayani 170 ribu transaksi biaya pendaftaran dari calon peserta UM PTKIN 2018 pada periode 10 April 2018 hingga 10 Mei 2018,” ujarnya.  

Pembayaran biaya pendaftaran UM PTKIN di BNI dapat dilakukan setelah calon peserta memenuhi persyaratan administrasi yang telah ditetapkan oleh Panitia Pelaksana. Jika calon peserta mendatangi kantor cabang BNI terdekat, pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau pemindahbukuan (transfer). Untuk pembayaran secara tunai, calon peserta tidak perlu mengisi slip apapun, cukup menyebutkan kode pembayaran yang diperoleh pada saat melakukan pendaftaran di laman https://um-ptkin.ac.id.

Pembayaran juga dapat dilakukan melalui ATM, SMS Banking dan Keagenan. Dan bagi calon siswa yang tidak mempunyai rekekning BNI diberikan fasilitas juga melalui menu e-Collection yang dapat dibayarkan dari semua bank. Biaya seleksi ditanggung oleh peserta sebesar Rp 200.000. Biaya seleksi dapat dibayarkan melalui BNI sebagai bank mitra. Khusus untuk pembayaran yang dilakukan dari bank lain akan dikenakan tambahan biaya sebesar Rp.1.500,-

UM PTKIN 2018 penerimaan mahasiswa baru di lingkungan Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI  dilakukan melalui ujian tertulis secara nasional. Proses ini kembali dilakukan pada seleksi mahasiswa baru tahun 2018 karena UM PTKIN dinilai dapat memberikan berbagai keuntungan dan keunggulan, baik bagi peserta, PTKIN, maupun bagi kepentingan nasional. kbc9

Bagikan artikel ini: