Pelni rangkul sejumlah BUMN, ini tujuannya

Jum'at, 2 Maret 2018 | 19:11 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) (Persero) melakukan kerja sama dengan sejumlah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) lainnya. Beberapa perusahaan tersebut yaitu Perum Damri, PT RNI (Persero), dan Perum PFN.

Corporate Secretary PT Pelni Ridwan Mandaliko mengatakan, kerja sama tersebut resmi dilakukan setelah penandatanganan perjanjian yang dilakukan di kapal KM Kelud milik Pelni. Kapal tersebut berada di Terminal Penumpang Pelabuhan Tanjung Priok.

Ridwan menuturkan, kesepakatan kerja sama Pelni dengan perusahaan BUMN tersebut dilakukan di bidang logistik.  "Sinergi Pelni dengan RNI dan Damri merupakan kesepakatan bisnis di bidang logistik, yang turunannya dapat melebar ke segala lini kegiatan ketiga perusahaan tersebut," kata Ridwan di Jakarta, Jumat (2/3/2018).

Ridwan menjelaskan kerja sama tersebut sangat mendukung bisnis yang dimiliki Pelni. Saat ini, lanjut Ridwan, Pelni memiliki anak usaha yang bergerak di sektor bongkar muat yaitu PT Sarana Bandar Nasional.Dia menambahkan Pelni juga sudah mengoperasikan 26 kapal penumpang dan 46 kapal perintis yang menjangkau begitu banyak kota besar maupun daerah terpencil di Indonesia.

"Pemerintah juga mempercayai Pelni untuk menyediakan layanan angkutan logistik berupa Kapal Tol Laut, baik kapal barang maupun kapal angkutan ternak," tutur Ridwan.

Dia mengharapkan dengan kerja sama tersebut bisa membuat sesama perusahaan BUMN tumbuh lebih cepat karena jalinan bisnis didukung penuh oleh Kementerian BUMN. Sebab, Ridwan menilai dengan dukungan dari Kementerian BUMN dengan sinerginya maka arah pertumbuhan bisnis Pelni semakin baik.kbc11

Bagikan artikel ini: