Menhub minta tiket bus antar-kota bisa dipesan secara online

Minggu, 4 Maret 2018 | 22:50 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta, pembelian tiket angkutan penumpang bus antarkota antarprovinsi bisa dilakukan secara online di terminal bus dan bisa dipesan melalui smartphone.

Menhub menilai, dengan perkembangan teknologi yang saat ini sudah masif, banyak cara yang dapat tempuh bagi pengelola transportasi dalam mengembangkan layanannya kepada konsumen.

"Online itu banyak sekali jenis angle yang bisa diperoleh sebenarnya," ujar Menhub Budi Karya saat peninjauan di Terminal Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Minggu (4/3/2018).

Kendati demikian, saat meninjau terminal bus terbesar di ASEAN, yakni Terminal Terpadu Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur, Menhub belum menemukan fasilitas layanan sistem tiket online mendiri yang cepat.

Saat ini, terdapat 120 Perusahaan Otobus (PO) yang sudah beroperasi di Terminal Pulogebang namun baru 20 PO saja yang bergabung dalam sistem pembelian tiket online mandiri yang dikelola oleh Organisasi Angkutan Darat (Organda).

"20 (PO) terbesar kalau (sistem) onlinenya lancar, itu bagus. Coba (dikembangkan) pakai gadget seperti apa. Kalau itu lancar otomatis orang akan ke sana semuanya. Sistem ini akan menggulung cepat, tapi kalau internetnya lama orang akan malas lah," ujar Budi Karya.

Menhub meminta, layanan sistem pembelian tiket online mandiri tersebut dikembangan agar waktu pelayanan lebih cepat dan memudahkan calon penumpang bus.

Selain itu, guna menghadapi peningkatan arus penumpang pada masa mudik 2018 atau Hari Raya Idul Fitri 2018, diharapkan sistem pembelian tiket online mandiri di terminal Pulogebang sudah beroperasi maksimal.

"Saya bilang seminggu lagi saya akan ke sana (Terminal Pulogebang). Karena nant Lebaran kita minta maunya ini sudah jalan, jangan lagi seperti ini (lambat)," ucapnya tegas.

Ketua DPP Organda Adrianto Djokosoetono mengakui, sistem pembelian online mandiri di terminal bus sudah dikembangkan sejak satu tahun lalu, dan tidak menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Saat ini, fasilitas layanan pembelian tiket online mandiri sudah tersedia di Terminal Tirtonadi, Surakarta, dan Terminal Pulogebang Jakarta Timur, dan diharapkan akan bertambah di beberapa terminal bus. kbc10

Bagikan artikel ini: