Alibaba kembali suntik Lazada Rp27,5 triliun

Senin, 19 Maret 2018 | 19:50 WIB ET

SINGAPURA, kabarbisnis.com: Alibaba Group Holding Ltd bakal menambah investasi US$ 2 miliar (Rp 27,5 triliun) ke Lazada Group SA. Dengan investasi baru ini, Alibaba akan menempatkan salah satu eksekutif seniornya untuk menggantikan CEO Lazada.

Lucy Peng, salah satu pendiri Alibaba dan chairwoman Lazada, akan menggantikan Max Bittner sebagai CEO. Bittner akan tetap menjabat sebagai penasihat senior.

Alibaba memiliki 83 persen saham Lazada, tetapi dengan adanya investasi baru ini, belum diketahui berapa persen saham yang dimiliki Alibaba.

Investasi baru ini menjadikan total investasi Alibaba menjadi sebesar US$ 4 miliar. Alibaba mengatakan ingin menambah kontribusi dari luar Tiongkok, pada khususnya dari kawasan Asia Tenggara yang menunjukkan pertumbuhan pesat. Investasi Alibaba akan memberikan pendanaan bagi Lazada untuk mengembangkan teknologi dan menambah pelanggan.

Perusahaan-perusahaan e-commerce seperti Amazon.com Inc dan Shopee yang dimiliki oleh Sea Ltd terus melakukan ekspansi di Asia Tenggara. JD.com Inc, pesaing terdekat Alibaba di Tiongkok, mengatakan ingin memiliki cabang di seluruh negara di Asia Tenggara. kbc10

Bagikan artikel ini: