Alfamart jajakan obligasi Rp 1 triliun

Selasa, 27 Maret 2018 | 08:13 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Emiten ritel PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk yang mengendalikan jaringan gerai Alfamart bakal menerbitkan obligasi berkelanjutan II tahap II pada 2018 senilai Rp1 triliun.

Dalam keterbukaan informasi disebutkan, dana obligasi yang diperoleh sebanyak 60% akan digunakan untuk pelunasan obligasi berkelanjutan I tahap II 2016 senilai Rp600 miliar. Lalu sisanya, akan digunakan untuk membayar utang kepada PT Bank Central Asia Tbk.

Emisi obligasi ini akan jatuh tempo pada 12 April 2021. Emisi obligasi meraih peringkat PT Fitch Ratings Indonesia dengan peringkat AA- (double A minus). Peritel yang dikenal dengan brand Alfamart tersebut memberikan bunga obligasi sebesar 7,5% per tahun.

Target dana dari penerbitan obligasi berkelanjutan emiten bersandi saham AMRT ini senilai Rp3 triliun. Pada tahun lalu, AMRT telah menerbitkan emisi tersebut senilai Rp1 triliun, sisa emisi yang belum diterbitkan setelah dikurangi rencana penerbitan ini menjadi Rp1 triliun.

Alfamart menunjuk PT BCA Sekuritas dan PT Mandiri Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek. Pada 2017, Sumber Alfaria Trijaya mencatatkan pertumbuhan pendapatan 9,5% sepanjang 2017 menjadi Rp61,46 triliun. kbc10

Bagikan artikel ini: