FILM : SHERLOCK HOLMES

Sabtu, 26 Desember 2009 | 16:39 WIB ET

Balas dendam penjahat penyembah setan

Berbicara soal detektif, nama Sherlock Holmes tak pernah lepas diingatan kita. Bayangkan, seluruh novel, komik, bahkan komik modern pun yang ada pasti kalah dibandingkan dengan Sherlock Holmes, jika membahas soal dunia detektif.

Tak bisa dipungkiri, karakter detektif yang punya ciri khas ini lahir dari tangan Arthur Conan Doyle, komikus asal Inggris ternama dan nama sang detektif sudah popular sejak tahun 1887. Semula Sherlock Holmes pernah bersaing ketat dengan James Bond karya Ian Flamming, namun sang pengarang Ian akhirnya memfokuskan sebagai detektif pemerintah Inggris.

Dan Doyle sendiri pernah mencoba mematikan tokoh ini, namun berkat desakan fans Doyle membuatnya hidup kembali. Dengan mengangkat cerita yang mengungkap berbagai kasus, tertutama pembunuhan dan tidak terpengaruh dengan kehadiran James Bond yang juga melegenda.

Sebagai gambaran, Sherlock Holmes bukan polisi, pecandu berat narkoba, angkuh, cerdas, ahli menyamar, berpengetahuan luas, memiliki intelegensi tinggi, sekaligus berbakat untuk mempelajari banyak hal, termasuk beladiri. Bahkan handal dalam memecahkan kasus-kasus tersulit sekalipun.

Kini, detetif Sherlock Holmes kembali diangkat dilayar lebar. Kepolisian Inggris dipusingkan dengan tokoh kriminal yang sangat dicari-cari selama ini, Lord Blackwood (Mark Strong). Kepolisian meminta bantuan Sherlock Holmes (Robert Downey, Jr.) untuk menemukan Lord Blackwood dan menangkapnya untuk dihukum mati.

Memang, di kalangan kepolisian Inggris nama Sherlock Holmes (Robert Downey, Jr.) adalah seorang penyelidik yang handal. Semua kasus dapat dipecahkan oleh Sherlock bahkan yang paling pelik sekalipun. Sherlock dan sahabatnya, Dr. John Watson (Jude Law) adalah tim yang tak terkalahkan. Dan usaha Holmes dan Dr. John berhasil menangkapnya. Sang penjahat penyembah setan, Lord Blackwood pun dijatuhi hukuman gantung karena ia telah mempraktekkan ilmu hitam dan membunuh 5 orang gadis secara kejam.

Eksekusi hukuman gantung pun dilakukan. Namun sebelum dieksekusi Lord bersumpah akan membalas dendam terhadap Sherlock Holmes. Lord telah dieksekusi mati. Kepastian meninggal dikonfirmasi John Watson, yang juga berprofesi sebagai dokter.

Anehnya setelah kasus Lord usai, kasus kejahatan kembali mengharuskan Sherlock Holmes dan Dr John Watson turun tangan. Ternyata apa yang diseledikinya selalu gagal diselesaikan. Sherlock menduga bahwa semua itu ada hubungannya dengan Lord Blackwood yang telah meninggal di tiang gantungan.

Sherlock Holmes hanya bisa mengurung diri di kamar selama hampir 3 minggu. John merasa cemas dengan keadaan Holmes. Semua itu dilakukan Holmes karena ia tidak mempunyai kasus untuk dipecahkan. Semua kasus sulit berhasil ia pecahkan.

Namun Holmes sempat terkejut setekah kepolisian Inggris mengkonfirmasi Lord Blackwood bangkit dari kubur. Peti mayatnya bukan berisikan jasad Lord Blackwood. Kasus ini menarik perhatian Holmes karena ia tidak percaya akan ilmu hitam ataupun sihir, semua pasti ada penejelasannya secara logika.

Di dalam usaha memecahkan kasus Blackwood, Holmes bertemu dengan mantan kekasihnya, Irene Adler (Rachel McAdams). Holmes merasa tidak berdaya dihadapan Irene. John meragukan niat baik Irene untuk bersatu lagi dengan Holmes karena Irene sudah 2 kali menjebak Holmes.

Benar saja, kecurigaan John terbukti. Holmes mengikuti Irene dan menemukan ia sedang berbincang dengan seseorang dan merencanakan sesuatu. Namun Holmes tidak ambil pusing karena ia harus fokus kepada kasus Blackwood. Holmes mencium adanya konspirasi antara Blackwood dengan orang Parlemen.

Benar dugaan Holmes. Beberapa petinggi parlemen terlibat dan semua cerita tentang kebangkitan Blackwood dari kubur ada penjelas logikanya. Dengan gayanya yang khas dan santai, Holmes menjelaskan kronologi bagaimana Blackwood bisa bangkit dari kubur karena intinya Blackwood belum meninggal setelah dihukum gantung.

Berhasilkah usaha Holmes mengungkap kasus itu, berhasilkah sang detektif legenda ini menangkap Lord Blackwood dan menyelamatkan parlemen Inggris? Ini merupakan ujian dan tantangan bagi Holmes memecahkan masalah yang dihadapinya. Memang dibutuhkan sebuah pemikiran cemerlang untuk menyelesaikan dan mengungkap kasus itu.

Dalam film layar lebar ini, penampilan terbaru dari tokoh terkenal karya Arthur Conan Doyle, memang selalu menarik untuk disimak. Petualangan demi petulangan selalu butuh kosentrasi untuk diamati. Meski kita sadar bahwa apa yang dilakukan sang detektif akan berhasil menyelesaikan kasusnya, namun getaran jiwa yang penuh kekhawatiran, ketakutan, kegelisahan berhasil digarap secara apik oleh sang sutradara.

Film petulangan baru Sherlock Holmes ini memang lebih serius dan keras, tidak Cuma adu cerdik tetapi juga akan banyak adegan berkelahi. Dan film ini cocok untuk mengisi waktu liburan di penghujung tahun. Kbc10

Jenis Film : Adventure Action

Pemain : Robert Downey Jr., Jude Law, Rachel McAdams, Mark Stong

Sutradara : Guy Ritchie

Produser : Joel Silver, Susan Downey, Lionel Wigram

Produksi : Warner Bros. Pictures

Durasi : 139 menit

Penulis : Michael Robert Johnson, Anthony Peckham

Bagikan artikel ini: