Pangkas ribuan perizinan, pemerintah siapkan aturan sapu jagat

Kamis, 26 April 2018 | 09:28 WIB ET

JAKARTA, kabarbisnis.com: Pemerintah bakal memakai aturan sapu jagat untuk memangkas ribuan perizinan dari pusat sampai ke daerah. Pasalnya ada ribuan peraturan tentang perizinan, mulai dari pusat sampai ke daerah.

"Ternyata total peraturan kita mengenai perizinan itu pusat dan daerah hampir 7.000. Maka kita desain ulang perizinan, akan ada aturan sapu jagat yang mengatakan semua perizinan ini tidak berlaku lagi, yang berlaku adalah ini, ini, dan ini," kata Menteri Koordinator Perekonomian, Darmin Nasution dalam acara Munas Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Rabu (25/4/2018).

Lantas, seperti apa aturan sapu jagat itu? Intinya, kata Darmin, pemerintah akan menerapkan omnibus law, yaitu membuat satu peraturan untuk mengamandemen beberapa peraturan sekaligus.

Menurut Darmin lewat kebijakan itu pemerintah memangkas berbagai aturan perizinan yang selama ini tumpang tindih maupun menghambat kemudahan berbisnis. Dia menambahkan satuan tegas percepatan perizinan juga sudah terbentuk di kementerian, provinsi, dan kabupaten/kota.

Tugas Satgas ini mengawasi proses perizinan, terutama yang terkendala aturan, di tingkat pusat maupun daerah.

"Satgas itu tugasnya mengawal tapi tentu tugasnya memonitor, kedua mengawal, ketiga mengatasi persoalan kalau ada di lapangan. Di pusat ketuanya sekjen (sekretaris jenderal), kalau di daerah sekda (sekretaris daerah)," terang Darmin. kbc10

Bagikan artikel ini: