Pinbas MUI dan Perhutani Jatim kolaborasi dorong populasi domba ternak

Senin, 30 April 2018 | 15:08 WIB ET

PASURUAN, kabarbisnis: Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Majelis Ulama Indonesia (Pinbas MUI) bekerjasama dengan Perusahaan Umum (Perum) Perhutani Divisi Regional Jawa Timur dalam rangka Pemanfaatan Lahan Hutan Perhutani untuk Pemberdayaan Masyarakat melalui Prodombas (Program Domba Nasional). Program ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan Kongres Ekonomi Umat Islam 2017 yang digelar pada 24 April 2018 lalu.

Kepala Perum Perhutani Divisi Regional Jawa Timur, Sangudi Muhammad mengatakan, dalam kongres yang baru pertama kali digelar itu, prodombas merupakan program nasional yang diinisiasi oleh Pinbas MUI pusat yang tujuannya untuk meningkatkan populasi domba nasional.

"Targetnya untuk bisa memenuhi kebutuhan protein hewani untuk rakyat Indonesia yang saat ini masih jauh dari standar," jelasnya di Pasuruan akhir pekan lalu melalui siaran pers, Senin (30/4/2018).

Dalam mengembangkan program ini, Pinbas MUI melakukan pendampingan terhadap usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) terkait berternak domba dengan banyak dukungan. Diantaranya Perhutani Divre Jatim, Medco Group, Himpunan Alumni IPB (HA IPB), Himpunan Pengusaha Nahdlatul Ulama (HPN), Himpunan Peternak Domba dan Kambing (HPDKI), Sarana Jatim Ventura, Ikatan Saudagar Muslim Indonesia (ISMI), Ponpes, Koperasi dan Ormas Islam dengan melibatkan masyarakat Miskin disekitar Hutan Perum Perhutani.

"Sebagai Pilot Project Program tersebut akan dilaksanakan di beberapa kabupaten pada lahan Pengelolaan Perum Perhutan Divre Jatim," tambah Sangudi.

Sebelumnya, terkait program tersebut, juga digelar rapat koordinasi serta kunjungan ke Pusat Koperesi Ponpes Sidogiri di Pasuruan. Kemudian melakukan peninjauan lapangan dii Kawasan Hutan Perum Perhutani BKPH Lawang Timur di daerah Nongkojajar, Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. kbc7

Bagikan artikel ini: